Keluarga

Berencana Staycation Bersama Keluarga? Intip 5 Tips Menghemat Pengeluaran Yuk!

Berencana Staycation Bersama Keluarga? Intip 5 Tips Menghemat Pengeluaran Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ingin berlibur namun malas bermacet-macetan? Kini Anda bisa memilih opsi liburan menyenangkan bersama keluarga tanpa harus bermacet-macetan dengan cara staycation.

Melansir dari Pegi-pegi, staycation merupakan konsep liburan sederhana yang dilakukan dengan cara menetap di suatu tempat tanpa harus bepergian. Biasanya staycation dilakukan di villa ataupun hotel.

Baca Juga: Promo Burger King 1-30 September 2022, Kupon September Diskon 50% Mulai Rp 5.000

Konsep staycation sendiri sangat cocok dilakukan bagi Anda yang jenuh dan ingin segera berlibur mencari suasana baru meski waktu dan biaya yang ada sangat terbatas.

Bagi Moms yang ingin melakukan staycation bersama keluarga, berikut ini MomsMoney hadirkan tips-tips menghemat biaya. Tips ini bisa Moms terapkan saat staycation agar anggaran tak mambengkak. Langsung saja simak beberapa tips yang dilansir dari Nava Hotel Tawangmangu, berikut ini!

Baca Juga: 6 Jenis Roti Terbaik yang Bisa Dijadikan Sandwich, Enak dan Bergizi!

Rencanakan sedetail mungkin

Sebelum staycation, ada baiknya Moms merencanakan segala sesuatunya secara detail, mulai dari penetapan waktu yang pas untuk keluarga, anggaran yang disediakan, hingga hotel atau villa mana yang ingin ditempati.

Dengan melakukan perencaan secara detail, maka Moms bisa lebih leluasa memilih dan menentukan semuanya sesuai dengan apa yang direncanakan.

Tetapkan anggaran

Agar staycation berlajan lancar tanpa mengeluarkan budget berlebih, Moms bisa menetapkan anggaran secara terencana. Ini penting dilakukan untuk menghindari belanja berlebih pada barang-barang yang tak dibutuhkan agar bisa tetap hemat dengan biaya yang telah direncanakan sebelumnya.

Baca Juga: Promo Menu Baru Golden Lamian 2022, Beli 1 Gratis 1 Hongkong Xtra Spicy Chicken

Pilih lokasi strategis

Staycationmu jadi lebih nyaman dan berharga jika Moms memilih tempat menginap pada lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang mudah menjangkau berbagai objek wisata, pemandangan indah, jalan raya, kendaraan umum, hingga pasar.

Jika sudah menemukan tempat yang pas untuk staycation, jangan lupa untuk pantau terus promo agar mendapatkan harga yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai untuk rencana staycationmu bersama keluarga.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Bandingkan harga terbaik

Untuk bisa staycation bareng keluarga dengan harga hemat, coba untuk memilih dan membandingkan berbagai promo dengan harga terbaik.

Namun jangan hanya memilih harga yang paling murah saja, tapi juga bandingkan dengan fasilitas yang akan Moms dapatkan. Jangan sampai memilih harga yang murah tapi ternyata fasilitas dan kamar yang didapatkan zonk.

Baca Juga: Resep Unik Cimol Kentang Anti Meledak Ala Ade Koerniawan MasterChef Indonesia

Waktu yang tepat bikin harga jadi murah

Selain menetapkan tanggal staycation yang pas bersama keluarga, tetapkan juga waktu diluar periode high season dan peak season.

Periode high season adalah periode waktu dimana terjadinya libur sekolah hingga libur keagamaan dan long weekend. Sementara peak season adalah periode musim liburan yang terjadi pada saat libur natal hingga tahun baru, serta libur lebaran.

Hindari juga staycation di bulan Agustus karena bulan Agustus merupakan periode musim libur bagi warga negara asing.

Jika Moms tetap ingin melakukan staycation pada waktu-waktu yang telah disebutkan, maka bersiaplah karena harga akan lebih tinggi daripada biasanya. Namun jika Moms memilih waktu staycation diluar waktu yang telah disebutkan di atas, maka harga cenderung lebih murah karena sepi pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News