Berencana Mensterilkan Kucing? Ini Loh Waktu Terbaik untuk Steril Kucing

Reporter: Nur Afitria Cika
Rabu, 21 September 2022 | 12:51 WIB
Berencana Mensterilkan Kucing? Ini Loh Waktu Terbaik untuk Steril Kucing

ILUSTRASI. Steril kucing.


MOMSMONEY.ID - Mensterilkan kucing berarti melakukan prosedur pembedahan yang membuat kucing tidak bisa bereproduksi lagi. 

Steril kucing atau kebiri biasa dilakukan untuk kucing betina dan jantan. Steril pada kucing betina dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. 

Sementara itu, steril pada kucing jantan dapat mempengaruhi perilaku kucing dengan mencegah terjadinya perilaku tidak menyenangkan yang terkait dengan aktivitas seksual. 

Banyak dokter hewan merekomendasikan untuk mengibiri kucing jantan jika agresif atau dominan serta kebiasaan kucing jantan yang selalu menandai wilayahnya dengan urin.

Sterilisasi pada kucing jantan umumnya untuk mencegah perilaku tersebut. Selain itu, strelisasi meminimalkan risiko penyakit tertentu pada kucing.

Baca Juga: Begini Loh Cara Menjinakkan Kucing Liar agar Tidak Kena Cakar

Lalu, kapan waktu terbaik untuk mensterilkan kucing jantan? 

Mengutip animalwised, rekomendasi strelisasi kucing jantan yaitu sekitar usia 5-6 bulan. Namun, tidak ada tanggal pasti kapan semua kucing menjadi dewasa secara seksual. 

Sebab, awal periode kesuburan ini tergantung pada faktor-faktor lainnya. Selain usia, ada faktor lain yang harus diperhatikan, seperti lingkungan dan kebiasaan kucing. 

Beberapa dokter hewan merekomendasikan sterilisasi dini pada usia 2-3 bulan, yang tampaknya tidak memiliki efek negatif. 

Namun, prosedur ini paling sering dilakukan antara 4-6 bulan. 

Baca Juga: Cara Membuat Kucing Peliharaan Cepat Gemuk dan Sehat, Wajib Dicatat Nih!

Jika kucing sudah dewasa, pemilik bisa mensterilkannya kapan saja selama ia sehat. Penting diketahui, kucing dewasa secara seksual dapat tetap subur selama beberapa minggu setelah operasi. 

Jadi, pemilik perlu berhati-hati saat kucing tidak disteril. 

Sementara itu, kapan waktu terbaik mensterilkan kucing betina?

Usia terbaik untuk steril kucing  betina sedikit lebih lambat dari jantan. Umumnya antara 7-8 bulan. 

Namun waktu ini tergantung pada negara dan preferensi dokter hewan, karena dalam beberapa kasus kucing betina mulai disteril sejak usia 3 bulan. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan Memberikan Catnip pada Kucing, Begini Cara yang Benar

Untuk kucing betina yang baru melahirkan, disarankan jika ingin disteril harus menunggu sampai anak kucing berusia 8 minggu. 

Sebab pada saat inilah terjadi penyapihan. Memilih waktu yang tepat untuk mensterilkan kucing sangat penting untuk periode pasca operasi yang baik. 

Steril kucing dapat mencegah banyak penyakit menular, memantau perilaku hewan peliharaan dan memperpanjang harapan hidupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria

Terbaru
TERPOPULER