HOME, AturUang

Berencana Melanjutkan Kuliah? Simak Tips Mengatur Keuangan Berikut Ini

Berencana Melanjutkan Kuliah? Simak Tips Mengatur Keuangan Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Berencana melanjutkan kuliah agar bisa mendapat gaji lebih atau pekerjaan baru? Nah, Anda harus mempertimbangkan baik-baik dana untuk mewujudkannya.

Erlina Juwita, perencana keuangan Oneshildt Financial Independence mengatakan, di tengah pandemi banyak karyawan yang memutuskan kuliah lagi untuk meningkatkan ilmunya. Sebenarnya, pilihannya bisa kuliah online atau dengan mengambil sertifikasi.

Dalam mengatur keuangannya sudah pasti dengan cara menyisihkan gaji secara rutin atau ketika dapat bonus disisihkan untuk dana pendididkan. 

Baca Juga: Tip Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Bagi Pelajar, Agar Nanti Tidak Menyesal

Andy Nugroho, perencana keuangan Advisoras Aliance Group menambahkan, ada baiknya memang mencari beasiswa. Akan tetapi, bagaimana jika memang tidak berkesempatan mendapatkannya?

Yang pertama dilakukan adalah mencari jurusan yang sesuai minat kita, tetapi yang juga sesuai dengan bujet kita. "Ini biasanya kalau karyawan kuliah lagi hanya mengejar pengakuan bahwa mereka punya ilmu tersebut," ujar Andy. 

Kedua, dihitung harus menabung berapa lama sehingga ketika sudah mulai masuk kuliah tidak lagi memikirkan dananya. "Bisa cek dari brosur-brosur kan. Dari situ pilih yang biayanya sesuai kemampuan kita  menabung," kata Andy.  

Cara menyisihkan uang pendidikan dari penghasilan adalah 55% untuk kebutuhan harian termasuk utang. Lalu 10% investasi, 10% untuk upgrade skill, 10% untuk hiburan, dan 5% untuk dana sosial. Nah, yang 10% upgrade skill itu untuk dana kuliah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News