Santai

Berdayakan UMKM Perempuan, Bukalapak Adakan Kompetisi Berhadiah Modal Usaha

Berdayakan UMKM Perempuan, Bukalapak Adakan Kompetisi Berhadiah Modal Usaha

MOMSMONEY.ID - Berdayakan UMKM perempuan, Bukalapak adakan kompetisi berhadiah modal usaha

Bukalapak mengadakan kompetisi Perempuan Jagoan Pencari Cuan (PUJAAN) untuk membantu memaksimalkan potensi bisnis kecil melalui pemberian modal usaha.

Kompetisi ini diperuntukan bagi Pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan dengan rencana inovasi bisnis terbaik. Pemenang dari PUJAAN akan mendapatkan total hadiah lebih dari Rp 126.000.000 dan sesi mentoring dalam hal pengembangan bisnis.

Baca Juga: Hasil Survei, Video Streaming akan Tetap Populer Saat Ramadan 2023

Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, 99,9% usaha di Indonesia merupakan UMKM dan lebih dari 50% UMKM dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Namun dalam pengelolaannya, para pelaku UMKM perempuan masih menghadapi berbagai kendala seperti permodalan, pengaturan keuangan, dan penguasaan teknologi.

Oleh karena itu, melalui kompetisi PUJAAN, Bukalapak berkomitmen untuk terus memaksimalkan potensi usaha UMKM perempuan di Bukalapak melalui bantuan finansial, infrastruktur teknologi, dan pendampingan berbagai keterampilan bisnis.

“Data tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan di Indonesia masih sangat jauh di bawah negara maju. Untuk itu, salah satu cara meningkatkannya adalah dengan memperbanyak pelaku usaha perempuan di dalam bisnis atau UMKM. Karena dengan semakin banyaknya perempuan terlibat dalam UMKM, termasuk dalam program-program Bukalapak, tingkat partisipasi diharapkan juga bisa meningkat dan membantu Indonesia menjadi negara maju. Jadi makna acara hari ini sangat penting. Ini adalah fondasi untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara yang jauh lebih baik” ujar Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro selaku Komisaris Utama dan Independen Bukalapak pada acara kegiatan awarding dan mentoring session PUJAAN (11/1) di kantor Bukalapak, Jakarta.

Rangkaian kompetisi PUJAAN meliputi proses penjurian yang dilakukan secara daring untuk memilih juara 1, 2, dan 3 dari masing-masing 10 finalis teratas kategori Pelapak dan Mitra Bukalapak.

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini 7 Kebiasaan untuk Memudahkan Persalinan

Kriteria penjurian meliputi cerita latar belakang usaha peserta, produk / jasa yang ditawarkan, perkembangan usaha yang dijalankan saat ini, strategi pemasaran usaha, inovasi yang ingin dilakukan, hingga perencanaan penggunaan hadiah untuk usaha.

Selain menerima modal usaha, para pemenang juga mengikuti sesi mentoring dari para ahli di bidang bisnis dan pengelolaan keuangan yaitu Devy Natalia selaku Co-Founder Bohopanna dan Rista Zwestika selaku CEO & Founder Finante.

Devy Natalia dan Rista Zwestika mengajak serta menginspirasi para Pelapak dan Mitra Bukalapak perempuan untuk lebih kreatif dan percaya diri dalam mengembangkan usahanya secara finansial, serta meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam manajemen usaha dan keuangan.

Arlyana Abubakar selaku Kepala Bank Indonesia DKI Jakarta juga turut mengapresiasi kegiatan “PUJAAN” yang menjadi usaha bersama untuk bisa mendukung UMKM dan memberdayakan perempuan. “Kami berterima kasih dan sangat senang sekali bisa berpartner dengan Bukalapak yang merupakan salah satu mitra strategis dari kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi DKI Jakarta. UMKM sangat penting bagi pencapaian tugas Bank Indonesia. Karena UMKM bisa mendorong ketersediaan barang-barang dengan harga yang wajar juga turut mendukung perekonomian Indonesia. Tentunya acara PUJAAN ini merupakan usaha bersama untuk dapat bersama-sama mengembangkan ekonomi negara kita”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News