CLOSE [X]
ads

Berbahaya Bagi Tubuh, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dibekukan Ulang

Reporter: Raissa Yulianti
Sabtu, 16 April 2022 | 14:00 WIB
Berbahaya Bagi Tubuh, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dibekukan Ulang


MOMSMONEY.ID - Membekukan makanan memang dianjurkan karena untuk mengawetkan. Tapi ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dibekukan ulang karena berbahaya bagi tubuh!

Baca Juga: Bolehkah Membekukan Ulang Makanan Beku? Begini Aturannya..

Pembekuan ulang terhadap beberapa jenis makanan dapat menyebabkan beberapa hal, di antaranya dapat menurunkan kualitas, bentuk, rasa, hingga terjadinya kontaminasi bakteri.

Lantas, apa saja makanan yang seharusnya tidak dibekukan ulang? Melansir dari The Kitchn dan Today, simak artikel ini selengkapnya!

Baca Juga: Rekomendasi 3 Resep Hidangan Telur Dadar ala Jepang, Cocok untuk Sahur!

Protein mentah

Cumi Mentah

Baca Juga: Bolehkah Berolahraga di Bulan Puasa? Simak Cara Aman Berolahraga Saat Sedang Berpuasa

Protein mentah, termasuk daging merah, seafood, hingga ayam merupakan makanan yang seharusnya tidak dibekukan ulang, terutama apabila sudah berada lebih dari 2 jam pada suhu ruang.

Protein mentah hanya boleh dibekukan apabila Anda belum menyimpannya lebih dari 2 jam pada suhu ruang. Sebab, pada suhu ruang, bakteri dapat berlipat ganda secara cepat, terutama pada protein mentah yang mudah membusuk.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Resep Takjil Cheese Drink ala Kafe

Makanan ready meal

Makanan Ready Meal

Makanan ready meal merupakan makanan yang bisa langsung dimakan hanya dengan memasukkannya ke dalam microwave dalam waktu beberapa menit saja.

Makanan ready meal ini biasanya terdiri atas karbohidrat, protein, serta makanan berserat yang disajikan dalam satu wadah yang sama dan dibekukan.

Baca Juga: Hindari Osteoporosis, Ini 5 Kebiasaan Makan yang Mempercepat Pengeroposan Tulang

Makanan ready meal ini biasanya cocok disantap oleh orang-orang sibuk yang ingin makan enak secara cepat dan praktis, tanpa membuang-buang waktu.

Namun disarankan untuk tidak membekukan ulang makanan ready meal, karena selain menurunkan kualitas makanan, pembekuan ulang rentan akan kontaminasi bakteri

Baca Juga: Punya Perut Buncit? Ini 5 Makanan Sehat yang Bisa Menyusutkan Lemak di Perut

Es Krim

Es Krim

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Bikin Memasak Jadi Lebih Mudah dan Masakan Enak

Es krim merupakan makanan yang sangat mudah mencair. Apabila Anda tidak berniat untuk menghabiskan es krim, disarankan untuk membuat milk shake dari es krim tersebut.

Daripada membekukan ulang es krim, lebih baik mengubah es krim menjadi makanan lain.

Membekukan ulang es krim membuat teksturnya menjadi aneh dan kualitas es krim menurun.

Baca Juga: 4 Tips Hilangkan Bau Amis saat Memasak Seafood, Super Efektif!

Jus konsentrat

Pada produk buah seperti jus konsentrat atau jus buatan, fermentasi terjadi secara cepat. Rasa dan kualitas jus akan berubah apabila dibekukan ulang saat jus telah dikeluarga pada suhu ruang.

Apabila anda berniat untuk meminum sedikit jus konsentrat, Ada baiknya untuk menuangkan sedikit dalam gelas, dibandingkan harus mengeluarkan jus dan jus dibekukan ulang.

Baca Juga: Ini 3 Resep Minuman Mangga untuk Menu Takjil, Cuma 5 Menit Mengolahnya!

Makanan yang mengandung mayones

Thai Beef Salad

Baca Juga: Resep Es Pisang Hijau Khas Makassar, Takjil Manis yang Menyegarkan Dahaga

Makanan yang mengandung mayones, seperti salad hijau, salad daging, ataupun salad ayam, seharusnya tidak dibekukan ulang dalam lemari pendingin.

Terlebih jika mayones tersebut mengandung susu, disarankan untuk menyantapnya sekaligus, tanpa harus membekukannya ulang. Ini disebabkan produk susu akan berubah tekstur apabila dibekukan ulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER