Keluarga

Berbagai Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia dari China hingga Los Angeles

Berbagai Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia dari China hingga Los Angeles

MOMSMONEY.ID - Kemeriahan Imlek tak hanya disambut di Indonesia saja tapi juga di berbagai negara di dunia. Tradisi perayaan Imlek di setiap negara memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Di Indonesia, misalnya, selalu digelar atraksi Barongsai di beberapa kota tertentu.

Lantas, apa saja tradisi perayaan imlek di seluruh dunia? Agar tak penasaran lagi, simak artikel berikut yang dirangkum dari laman The Guardian, Time Out, dan Travel China Guide, selengkapnya.

China

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (Di China): Festival Lentera

China menghadirkan Festival Lentera Yuyuan sebagai tradisi perayaan Imlek yang digelar setiap tahun di Shanghai. Jangan salah, pertunjukan ini masuk ke dalam kelas dunia, loh.

Ada berbagai jenis, warna, bentuk, hingga ukuran lentera yang ada di festival ini. kebanyakan, lentera berbentuk ikan (melambangkan kemakmuran & kekayaan), naga (keberuntungan), dan kelinci (shio tahun ini)

Baca Juga: Mengenal 4 Jenis Kue Keranjang Imlek yang Jarang Diketahui

Singapura

Chingay di Singapore: Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Tradisi perayaan imlek di Singapura menyelenggarakan festival jalanan bernama Chingay.

Chingay yang artinya “seni kostum & topeng” merupakan parade jalan besar-besaran yang dilengkapi dengan kendaraan hias, kostum warna-warni, berbagai alat peraga yang unik, lampu-lampu hias yang menyala, serta berbagai pertunjukkan kembang api yang dimainkan di jalanan.

Baca Juga: 9 Inspirasi Nail Art Tema Imlek 2023 yang Bikin Kuku Anda Jadi Cantik

Manchaster, Inggris

Ada sebuah tradisi perayaan Imlek yang disambut besar-besaran oleh salah satu komunitas Tionghoa terbesar & tertua di Inggis. Tradisi ini berparada dari pusat kota hingga ke jalan-jalan kota menuju Chinatown.

Tahun 2021 lalu, parade ini dimeriahkan di Lapangan St, Ann dengan menghadirkan patung naga emas setinggi 50 kaki. Sementara di jalanan, orang-orang Manchaster dapat melihat tarian Singa (Barongsai), Opera khas Tionghoa, boneka Buddha raksasa, hingga parade Pramuka Tionghoa.

Hongkong

Tradisi perayaan imlek di Hongkong biasa disambut meriah dengan merayakan Festival Musim Semi. Pada festival ini, tersedia libur kerja selama 3-5 hari

Ada pula perayaan Malam Tahun Baru Imlek yang biasa disambut oleh seluruh anggota keluarga dengan nongkrong di pasar membeli bunga daffodil.

Pada esok harinya, barulah para manula menghadiri Pekan Raya Kuil untuk berdoa meminta kemakmuran & kesehatan. Sementara anak muda saling memberikan angpau merah.

Pada hari ke-2 & 3 perayaan Imlek, barulah Hongkong menghadirkan festival kembang api yang meriah.

Baca Juga: 10 Hal Terlarang yang Tabu Dilakukan Saat Hari Pertama Imlek

Indonesia

Di Indonesia sendiri, tradisi perayaan Imlek dirayakan dengan menonton pertunjukan Barongsai & Liong (tarian naga) yang biasa hadir di berbagai vihara serta mall-mall besar. Pertunjukan Barongsai sendiri biasanya hadir di kota-kota tertentu di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Singkawang, Solo, Semarang, dsb.

Pada saat menonton pertunjukkan barongsai, biasanya banyak anak-anak yang memberikan angpau merah kepada barongsai yang sedang menari-nari.

Malaysia

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia: di Malaysia

Menjelang tradisi Perayaan Imlek, Malaysia menyuguhkan berbagai hiasan menarik seperti lentera merah, bunga sakura, dan jeruk mandarin yang memenuhi sepnjang ibu kota Kuala Lumpur.

Pada tradisi perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa di Malaysia juga mengikuti kompetisi kaligrafi Cina yang berkala hadir setiap tahun. Tak lupa, mereka juga membeli buah nanas sebagai item festival yang paling popular karena dipercaya membawa keberuntungan.

Baca Juga: Makin Makmur, Ikuti 8 Cara Dapatkan Keberuntungan di Perayaan Imlek Tahun Ini

Vietnam

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (Di Vietnam)

Tradisi perayaan Imlek di Vietnam disebut juga Tet. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini berkembang menjadi hari libur Nasional bagi seluruh warganya sehingga banyak orang yang pulang kampung pada waktu-waktu tersebut.

Orang Vietnam memiliki tradisi khusus bernama Xong Tet. Tradisi ini mengacu pada nasib baik atau buruk yang dibawa oleh tamu pertama yang mengunjungi rumah.

Dipercaya, kepribadian dan kondisi kehidupan tamu pertama meramalkan keberuntungan tuan rumah di tahun mendatang. Jadi biasanya sebelum Tet, orang akan mengundang orang yang jujur, sopan atau kaya untuk datang berkunjung ke rumahnya.

Baca Juga: Resep Dimsum Kuotie Ayam Kukus dan Panggang, Menu Jamuan Keluarga Saat Imlek Tiba

Los Angeles

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (di Los Angeles)

Baca Juga: Dianggap Hapus Keberuntungan, Hindari 6 Makanan Pembawa Sial ini Saat Perayaan Imlek

Hampir sama seperti di Indonesia, di Los Angeles, tradisi perayaan Imlek disambut dengan Golden Dragon Parade yang bersejarah.

Ada berbagai macam pakaian, kendaraan hias, hingga marching band yang dilakukan selama parade berjalan dari LA ke North Broadway. Golden Dragon Parade ini telah berusia lebih dari 100 tahun, bahkan usianya lebih tua dibandingkan Hollywood.

Itulah sederet tradisi perayaan imlek di seluruh dunia, mulai dari China hingga Los Angeles yang hadir dengan perayaan megah dan meriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News