HOME, Bugar

Berbagai Penyebab Rambut Rontok Parah yang Jarang Disadari

Berbagai Penyebab Rambut Rontok Parah yang Jarang Disadari

MOMSMONEY.ID - Penyebab rambut rontok parah yang paling umum karena stres. Dalam beberapa kasus, penanganan penyebab rambut rontok parah dapat diatasi dengan cara sederhana. 

Menurut American Academy of Dermatology, rambut rontok parah yang terbilang normal adalah kehilangan sekitar 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. 

Seseorang dapat kehilangan hingga 250 helai saat mencuci rambut. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab rambut rontok parah terjadi.

Baca Juga: Sederet Risiko yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari dan perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Perubahan hormon

Penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari pertama adalah karena perubahan hormon, misalnya perubahan hormon saat hamil, melahirkan, menyusui, dan menopause.

Di samping itu, penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) juga bisa menimbulkan kerontokan rambut. 

2. Gangguan tiroid

Penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari kedua karena gangguan tiroid. Gangguan tiroid, seperti hipertiroid dan hipotiroid, dapat menjadi penyebab rambut rontok parah. 

Gejala ini juga ditandai dengan kerontokan pada bulu mata hingga penipisan rambut tubuh. Setelah kondisi ini ditangani dengan baik, biasanya gejala rambut rontok parah mulai berkurang. 

3. Alopecia Areata

Penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari ketiga adalah karena alopecia areata. Alopecia areata adalah kelainan kulit yang dapat menjadi penyebab rambut rontok parah.

Biasanya, area botak muncul tiba-tiba di area terbatas. Sekitar 60% orang mengalami alopecia areata biasanya mengalami kerontokan pertama di bawah umur 20 tahun. 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

4. Kekurangan nutrisi

Penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari keempat adalah kekurangan nutrisi dan tidak menerapkan pola hidup sehat.

Melansir Dermatology Practical & Conceptual, diet ekstrem rendah protein dan vitamin tertentu, seperti zat besi, terkadang dapat menyebabkan rambut rontok parah.

5. Stres

Penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari kelima adalah karena stres. Apa pun jenis stres, baik secara psikis dan fisik bisa menjadi penyebab rambut rontok parah. 

Rambut rontok parah akibat stres biasanya hanya berlangsung sementara. Jika stres berakhir, tubuh Anda akan menyesuaikan diri dan kerontokan rambut akan berhenti. 

Itulah beberapa penyebab rambut rontok parah yang jarang disadari, jadi temukan penyebabnya, baru kemudian sembuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News