HOME, Keluarga

Berbagai Macam Peralatan Perawatan untuk Kucing Peliharaan, Sudah Punya?

Berbagai Macam Peralatan Perawatan untuk Kucing Peliharaan, Sudah Punya?

MOMSMONEY.ID - Memelihara kucing artinya Anda harus merawatnya. Mulai dari kebersihan bulu, kulit, mata, hidung, telinga, dan giginya.

Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan alat perawatan yang tepat untuk membantu merawat kucing di rumah.

Ada beberapa peralatan yang sebaiknya selalu Anda miliki. Dilansir dari Meow Guide, berikut beberapa peralatannya.

Sisir Bulu Kucing

Ada banyak jenis sisir untuk bulu kucing yang bisa dipilih. Beberapa dirancang untuk merawat jenis kucing tertentu, misalnya berbulu panjang dan berbulu pendek.

Ada juga yang dibuat untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya menghilangkan bulu mati atau bulu kusut.

Baca Juga: Apakah Aman Memberikan Betadine untuk Mengobati Luka Kucing? Simak Penjelasannya!

Bulu pada sisir kucing bisa keras, lembut, jenis kawat, atau pin. Biasanya memiliki alas berbentuk persegi panjang datar yang ditutupi dengan bulu baja ramping.

Sisir seperti itu adalah yang paling umum digunakan untuk semua jenis kucing dan mereka menyukainya

Pemotong Kuku

Sama seperti sisir bulu, pemotong kuku juga memiliki berbagai macam jenis pilihan. Sebagian besar telah diberi alat pengaman berbentuk seperti ‘guillotine’, di mana paku dimasukkan ke dalam lubang kecil dan sedikit tekanan ketika memotong ujungnya.

Selain itu, ada juga gunting cakar kucing yang umumnya memiliki ujung yang tumpul. Tujuannya untuk mencegah kecelakaan pemotongan bagi hewan peliharaan dan pemiliknya.

Tisu Hewan Pembersih Mata, Hidung, dan Telinga

Hewan peliharaan juga memiliki tisu khusus untuk membersihkan mata, hidung, dan telinganya. Ini adalah alat sekali pakai yang lembap dan dapat digunakan untuk sentuhan cepatatau sebagai pengganti mandi penuh yang sedikit merepotkan.

Mereka membantu mengurangi kotoran dan mengandung beberapa vitamin untuk menjaga kesehatan bulu serta kulit kucing.

Peralatan untuk Perawatan Mandi Kucing

Sampo Kucing

Jika Anda memutuskan untuk memberikan perawatan mandi mandiri, Anda akan membutuhkan sampo khusus kucing untuk memandikannya lebih maksimal.

Sampo kucing telah dijamin keamanannya untuk kulit kucing dan biasanya telah mengandung antijamur dan antikutu. Ini bisa sekaligus mengatasi masalah kutu dan jamur kucing.

Sikat Gigi dan Pasta Gigi

Untuk kucing, gunakan sikat gigi khusus yang terbuat dari bulu lembut. Bulunya harus mudah lentur saat digesek dengan ibu jari Anda.

Kepala sikat gigi juga harus cukup kecil agar mudah masuk ke mulut kucing. Jika Anda sulit menggunakan sikat gigi untuk kucing, Anda dapat menggunakan sikat gigi jari.

Sikat ini berupa sarung karet untuk digunakan di salah satu jari Anda. Cara menggunakannya, cukup geser jari anda maju mundur melintasi gigi kucing untuk membersihkannya dengan baik.

Anda juga dapat menggunakan pasta gigi untuk mendapatkan hasil perawatan yang lebih baik. Namun, pasta gigi untuk kucing ini tentu berbeda dari milik manusia.

Pasta gigi khusus kucing tidak hanya membersihkan gigi, tetapi juga membuat aktivitas sikat gigi menjadi menyenangkan bagi kucing. Ini karena pasta gigi kucing memiliki varian rasa seperti tuna, daging sapi, atau ayam.

Baca Juga: Ini Tanda-Tandanya Luka Kucing Mengalami Infeksi

Handuk dan Lap

Setelah memandikan kucing, Anda tentu akan membutuhkan handuk atau lap untuk membantu mengeringkan bulunya. Anda setidaknya membutuhkan 2-3 handuk yang besar dan lembut untuk mengeringkan kucing secara bertahap.

Pastikan untuk menggunakan handuk yang kering dan telah dihangatkan sebelum memakaikannya kepada kucing yang selesai mandi.

Pengering Rambut atau Bulu Kucing

Untuk tahap pengeringan lebih lanjut, Anda dapat menggunakan pengering rambut manusia (hair dryer) atau pengering bulu khusus hewan (pet blower) untuk mengeringkan secara maksimal.

Apalagi, saat ini sudah banyak produk pengering bulu yang didesain 2 in 1 dengan penyisir bulunya. Jadi, Anda akan lebih mudah mengeringkan dan menyisir bulu kucing dalam satu waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News