HOME, Bugar

Berbagai Hal yang Harus Dihindari Saat Ibu Menyusui

Berbagai Hal yang Harus Dihindari Saat Ibu Menyusui

MOMSMONEY.ID - Tak hanya ibu hamil yang memiliki pantangan, ibu menyusui juga sama. Hal ini perlu diperhatikan karena pantangan ibu menyusui berkaitan dengan air susu ibu (ASI).

Tidak hanya mengonsumsi makanan tertentu, kelancaran proses menyusui juga perlu diupayakan dengan menghindari beberapa hal.

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat ibu menyusui, antara lain:  

Baca Juga: 4 Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi Saat Ibu Hamil Berpuasa

1. Susu sapi

Hal yang harus dihindari saat ibu menyusui pertama adalah mengonsumsi susu sapi. Beberapa bayi sensitif terhadap susu sapi.

Jika ibu minum susu sapi, bayi dengan kondisi tersebut mungkin menunjukkan reaksi seperti kembung, gatal atau ruam, muntah, diare, atau justru sembelit.

2. Minuman beralkohol

Hal yang harus dihindari saat ibu menyusui kedua adalah minuman beralkohol. Saat ibu menyusui mengonsumsi minuman beralkohol, zat bisa masuk ke ASI yang diberikan kepada bayi.

Bayi dari ibu yang terbiasa mengonsumsi alkohol dapat mengalami gangguan perkembangan dan sistem saraf, gangguan tidur, dan kesulitan menambah berat badan.

3. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi

Hal yang harus dihindari saat ibu menyusui ketiga adalah ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi. Meski kandungan nutrisi ikan tergolong tinggi, hampir semua ikan mengandung merkuri.

Ikan yang berada di rantai makanan bagian atas dalam ekosistem laut akan memangsa sesama hewan laut, termasuk ikan kecil yang juga mengandung merkuri.

Contohnya adalah ikan tongkol, ikan todak (swordfish), dan hiu. Ikan-ikan tersebut umumnya mengandung merkuri lebih tinggi dan menjadi pantangan ibu menyusui.

4. Makanan cepat saji

Hal yang harus dihindari saat ibu menyusui keempat adalah makanan cepat saji. Nutrisi yang didapatkan ibu melalui makanan yang dikonsumsinya akan memengaruhi kesehatan bayi.

Jika ibu sangat suka mengonsumsi makanan cepat saji, zat-zat yang terkandung di dalamnya pun juga akan terserap oleh bayi melalui ASI.

Padahal, seperti yang sudah diketahui, bahwa kandungan gizi dalam makanan cepat saji sangat buruk dan membahayakan kesehatan ibu dan bayi. 

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, 4 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Sangat Luar Biasa

5. Sayuran yang mengandung gas

Hal yang harus dihindari saat ibu menyusui kelima adalah sayuran yang mengandung gas. Ibu yang sedang menyusui harus menghindari sayuran yang memicu gas di dalam pencernaan.

Sayuran tersebut antara lain brokoli, kubis, kol, dan terong. Sebab, jika ibu menyusui mengonsumsi makanan ini terlalu banyak, bayi akan mengalami gejala kembung, terkena iritasi lambung, radang usus, bahkan muntah-muntah.

Untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan proses menyusui, perhatikan beberapa hal yang harus dihindari saat ibu menyusui di atas.

Jika Anda mengalami kesulitan selama menyusui, konsultasikan dengan dokter atau konselor laktasi untuk mendapatkan saran yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News