Santai

Berat Badan Naik saat PMS? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Atasinya, Simak yuk

Berat Badan Naik saat PMS? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Atasinya, Simak yuk

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa penyebab yang membuat tubuh terasa lebih gendut saat PMS, apa saja?

Sesama perempuan pastinya kerap merasakan adanya penambahan berat badan yang terjadi saat menjelang menstruasi atau saat PMS.

Tiba-tiba merasa gendut dan berat badan yang bertambah adalah hal normal yang kerap dialami oleh banyak perempuan ketika PMS.

Baca Juga: Ingin Langsing di Bulan Puasa? Coba Konsumsi Kimchi dan Rasakan 4 Manfaat Ini

Nantinya, berat badan akan kembali ke normal setelah masa PMS selesai dan memasuki masa-masa menstruasi.

Perut kembung dan bertambah berat badan merupakan gejala normal yang terjadi saat PMS. Hal tersebut kebanyakan diakibatkan karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh.

Melansir dari laman Health Line, perubahan hormon bisa mengakibatkan munculnya suatu kondisi yang disebut dengan water retention.

Hari hari menjelang menstruasi, produksi hormon estrogen dan progresteron berkurang secara drastis. Sehingga, tubuh akan mulai memproduksi banyak cairan untuk menggantikannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Probiotik bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Puasa

Kondisi water retention adalah sebuah kondisi yang menyebabkan payudara terasa lebih penuh dan perut menjadi buncit atau terasa lebih gendut.

Pertambahan tersebut yang membuat tubuh bertambah berat karena air, bukan karena bertambahnya lemak pada tubuh. Ini bukanlah suatu hal yang bisa dihindari, namun dapat dikurangi.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan menambah konsumsi air, serat, dan vitamin magnesium dalam tubuh.

Selain itu, laman Women Health Mag juga menyarankan, agar mulai mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit saat terjadinya PMS. Dengan begitu, rasa lapar yang berlebih bisa dihindari dan terhindar dari risiko perut buncit saat PMS.

Itulah tadi alasan mengapa tubuh menjadi lebih gendut saat PMS atau menjelang menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News