Keluarga

Berapa Lama Waktu Ideal Menyimpan Ikan dalam Kulkas? Ini Jawabannya

Berapa Lama Waktu Ideal Menyimpan Ikan dalam Kulkas? Ini Jawabannya

MOMSMONEY.ID - Menyimpan ikan di dalam kulkas idealnya selalu dilakukan agar ikan tak mudah membusuk. Namun, menyimpan ikan di dalam kulkas juga ada batasnya, bergantung pada jenis ikan itu sendiri.

Perlu diketahui, ikan dapat dikategorikan menjadi 2 hal, yakni ikan segar & ikan beku. Ikan segar adalah ikan yang baru ditangkap. Jenis ikan ini tergolong lebih sehat dan punya masa simpan yang sangat sebentar.

Sementara ikan beku merupakan jenis ikan yang telah mengalami proses pembekuan. Jenis ikan ini biasa dijual di swalayan. Masa simpannya bisa sangat lama, mulai dari bulanan hingga tahunan.

Baca Juga: Anti Rontok, Ikuti 4 Cara Bikin Tepung Panir Awet Menempel pada Makanan

Ikan beku

Ikan Beku

Idealnya, daging ikan beku (jenis apapun) dapat awet hingga beberapa bulan jika disimpan dalam freezer bersuhu -18 Celcius atau lebih rendah dari itu.

Melansir dari Martha Stewart, ikan beku ini tetap terlihat baik karena diberi polifosfat dalam jumlah kecil yang tentu tidak berbahaya bagi manusia.

Polifosfat inilah yang membantu daging tetap terlihat baik meski disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sayangnya, melansir dari Express, semakin lama Anda menyimpan ikan dalam freezer, semakin rendah kualitas dagingnya. Daging akan terkena freezer burn atau kondisi dimana daging jadi sekeras batu akibat dehidrasi karena terlalu lama berada dalam lemari pendingin.

Baca Juga: Aneka Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Ikan segar

Berbeda dengan ikan beku, berbeda pula dengan ikan segar. Ikan segar umumnya dapat disimpan dalam waktu yang sangat singkat, yakni selama 2 hari saja freezer.

Food and Drug Administration yang dikutip dari Times of India merekomendasikan agar Anda menyimpan daging ikan segar dan aneka makanan laut lainnya seperti cumi, udang, hingga kerang hanya untuk 1-2 hari saja.

Meski demikian, lama waktu ideal menyimpan ikan juga bergantung pada jenis ikan & tingkat kesegarannya.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Ikan Segar

Baca Juga: Mudah Diterapkan, Ikuti 7 Tips Agar Anak Mau Makan Ikan Tanpa Banyak Menolak

Seperti ikan bass, tuna, salmon, swordfish, dan trout yang hanya akan bertahan selama 3-5 hari pada suhu kulkas. Sementara jenis ikan berminyak seperti makarel, sarden, dan bluefish baik dan akan bertahan kurang dari 3 hari saja.

Namun, waktu ideal ini hanya bisa dicapai apabila ikan telah melalui tahapan pencucian, pengeringan, dan disimpan dalam wadah kedap udara seperti aluminium foil sebelum dimasukkan ke dalam kulkas/freezer.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Paha Ayam Agar Lebih Berbumbu, Meresap, dan Super Empuk

Tapi idealnya, ikan masih memiliki kualitas daging dan sumber nutrisi yang belum berkurang apabila disimpan selama kurang dari 2 minggu.

Itulah informasi lama waktu ideal menyimpan ikan dalam kulkas yang bisa jadi bahan pertimbangan bagi Moms untuk tetap memasak ikan atau membuang ikan yang telah terlalu lama disimpan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News