Keluarga

Berapa Lama Masa Simpan Salmon? Ketahui 6 Ciri Ikan Salmon yang Mulai Membusuk

Berapa Lama Masa Simpan Salmon? Ketahui 6 Ciri Ikan Salmon yang Mulai Membusuk

MOMSMONEY.ID - Berapa lama masa simpan salmon di dalam kulkas? Apa saja ciri-ciri ikan salmon yang masih segar maupun yang mulai membusuk?

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang berkualitas tinggi. Kandungan gizinya yang tinggi membuat salmon jadi incaran banyak orang.

Meski begitu, ternyata masih banyak salmon yang mulai membusuk yang ternyata dijual di pasaran. Kebanyakan karena salmon tersebut tidak disimpan dalam suhu yang dingin, hingga salmon yang terlalu lama tak diolah.

Untuk mengetahuinya, simak sederet ciri ikan salmon yang mulai membusuk, dilansir dari Lacademie, the foodie physician, dan aksalmonco, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Berubah warna

Moms dapat dengan mudah mengetahui bahwa ciri ikan salmon yang mulai membusuk terlihat dari warnanya yang mulai berubah.

Pada umumnya, salmon yang masih segar punya warna cerah, dengan warna kulit silver mengkilap disertai warna daging yang berwarna merah muda cenderung agak oranye.

Sementara ciri ikan salmon yang mulai membusuk biasanya punya kulit berwarna abu kusam dan warna dagingnya berubah keabu-abuan.

Guratan putih pada tubuh salmon menghilang

Sebelum membeli salmon di pasar ataupun swalayan, coba perhatikan tubuh ikan salmon. Apakah ada guratan putih atau tidak.

Jangan salah, guratan putih yang sering ada pada tubuh salmon menandakan bahwa ikan tersebut dalam keadaan fresh.

Sementara jika guratan putih tersebut menghilang atau putus-putus, maka itu menandakan bahwa ikan salmon mulai membusuk.

Tapi ingat, hindari membeli salmon dengan noda kehitaman atau noda putih selain guratan tadi, ya. Sebab ini adalah indikasi bahwa salmon tersebut sudah tak layak konsumsi.

Baca Juga: Awet Tahan Lama, Ini 3 Cara Menyimpan Ikan Segar yang Tepat dalam Freezer

Bertekstur lembek

Ciri Salmon busuk

Ciri ikan salmon yang membusuk bisa diketahui melalui teksturnya. Sebelum membeli ikan salmon segar maupun beku, coba pijat-pijat sebentar ikan salmon tersebut.

Apabila ikan salmon punya tekstur keras atau bahkan “memantul” kembali setelah menekannya, maka ikan salmon tersebut masih fresh dan sangat layak dikonsumsi.

Sementara jika rasanya lembek atau terasa patah, maka salmon sudah mengalami pembusukan.

Baca Juga: Punya Bau yang Khas, Ini 4 Cara Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Berlendir

Ciri salmon yang membusuk biasanya berlendir. Ada pula salmon yang mengeluarkan residu mirip dengan susu, yakni berwarna putih. Ini jelas menandakan salmon harus segera dibuang.

Jika Moms memaksa memakan salmon dengan ciri-ciri tersebut, maka Moms bisa saja keracunan makanan.

Mata cekung

Kesegaran seluruh jenis makanan laut sebenarnya dapat dicek melalui matanya, termasuk ikan salmon.

Jika Moms menemukan salmon dengan ciri mata yang cekung dan memiliki selaput, maka ikan salmon tersebut tidak segar.

Sementara salmon segar yang berkualitas tinggi biasanya memiliki mata jernih, cerah, dan menonjol ke luar.

Baca Juga: Tips Jitu Masak Daging Bebek Supaya Daging Empuk Anti Bau Amis

Berbau amis yang mengganggu

Salmon segar

Ikan dengan kualitas terbaik (termasuk salmon) tidak pernah memiliki bau. Mengutip Aksalmonco, hanya ikan dengan kualitas rendahlah yang memiliki bau amis yang kerap disebut sebagai “bau ikan”.

Maka dari itu, jika Moms menemukan salmon yang berbau khas (mirip bau amonia, bau tengik, ataupun berbau amis), maka jangan membelinya.

Baca Juga: Anti Boros, Kenali 4 Cara Menyimpan Bawang biar Tak Mudah Busuk

Berapa lama masa simpan salmon?

Ketika Anda membeli ikan salmon, salmon harus jadi makanan terakhir yang Anda ambil. Ini agar kesegaran salmon masih tetap terjaga selama Anda masih di swalayan/pasar.

Segera setelah membelinya, Anda wajib langsung menyimpan salmon ke dalam kulkas. Dengan cara ini, ikan salmon wajib dimasak dalam jangka waktu 1-2 hari setelah membelinya.

Sementara apabila tidak dimasak langsung, disarankan untuk menyimpan salmon pada plastik kedap udara, kemudian di taruh dalam freezer. Jika freezer dalam suhu minus, maka salmon dapat bertahan selama 3-6 bulan.

Itu dia berbagai ciri ikan salmon yang membusuk, serta masa simpan salmon di kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News