AturUang

Beragam Pilihan Pendapatan Pasif, Mulai Pasar Modal hingga Royalti. Pilih Mana?

Beragam Pilihan Pendapatan Pasif, Mulai Pasar Modal hingga Royalti. Pilih Mana?

MOMSMONEY.ID - Pendapatan pasif adalah pendapatan yang Anda peroleh bukan dari pekerjaan yang aktif Anda lakukan sehari-hari, tatapi bersumber dari aset investasi yang Anda miliki.

Lusiana Darmawan, perenana keuangan OneShildt menekankan, bahwa untuk memperoleh pendapatan pasif tidak dengan bekerja aktif untuk memperoleh gaji atau penghasilan. "Tujuannya pun lebih ke arah memperoleh pendapatan ekstra, bukan yang utama," kata Lusi. 

Baca Juga: Yuk Tambah Penghasilan Melalui Passive Income Berikut Ini

Nah, sumber pendapatan pasif bisa dari aset investasi yang berupa instrumen keuangan yang memberikan pendapatan tetap atau fixed income.  Misalnya saja obligasi pemerintah. Instrumen investasi ini membagikan imbal hasil di atas bunga deposito berupa kupon, yang dibagikan setiap bulan atau 6 bulan, dan suku bunganya ada yang fixed ada yang floating.

Selain itu, bisa juga dengan menyewakan properti. Anda akan memperoleh penghasilan dari uang sewa. "Ada potensi capital gain juga jika terdapat kenaikan harga properti Anda," kata Lusi. 

Namun, perlu diperhatikan biaya yang muncul terkait perawatan atau perbaikan properti serta pajak bumi bangunan (PB). Jika Anda membeli properti secara cicilan, tentunya ada besar cicilan yang perlu dihitung terhadap besar uang sewa yang akan diperoleh.

Menurut Lusi, dengan investasi di saham pun, Anda bisa memperoleh dividen. Anda bisa mencari tahu DIvidend Payout Ratio suatu emiten sebelum Anda memutuskan untuk membeli sahamnya.

Sumber lainnya bisa dari penerimaan royalti atas hasil karya Anda. Di antaranya bisa dengan menerbitkan buku, menghasilkan karya seni, dan karya lainnya tanpa Anda harus aktif mengelolanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News