HOME, Keluarga

Beragam Penyebab Mati Lampu di Rumah, Yuk Cari Tahu!

Beragam Penyebab Mati Lampu di Rumah, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Pemadaman listrik atau mati lampu merupakan masalah yang kerap dialami pemilik rumah.

Hal ini tentu merepotkan mengingat listrik sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Jika rumah mengalami mati lampu, maka banyak kegiatan di rumah yang terhambat. Beberapa alat elektronik juga tidak dapat berfungsi dengan maksimal jika listrik padam.

Nah, kira-kira apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan mati lampu di rumah? Dirangkum dari Rumah.com dan Energized, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mau Membangun Rumah Tumbuh? Simak Dulu Tipsnya di Sini

Pemadaman Listrik

Salah satu penyebab mati lampu yang paling umum adalah pemadaman listrik yang biasanya dilakukan oleh PLN saat akan melakukan perawatan atau pemeliharaan alat listrik. Umumnya, PLN akan memberikan informasi mengenai pemadaman ini, sehingga Anda bisa mengira-ngira kapan pemadaman listrik akan terjadi.

Peningkatan Daya Listrik yang Mendadak

Peningkatan daya listrik dalam jumlah besar biasanya terjadi saat ada sambaran petir yang dekat dengan pembangkit atau penghantar listrik. Karena petir memiliki daya listrik yang tinggi, pembangkit atau penghantar listrik tersebut mengalami kelebihan daya sehingga listrik akan padam untuk mencegah kebakaran akibat kelebihan daya.

Penggunaan Listrik yang Tinggi

Jika penggunaan listrik di rumah melampaui kapasitasnya, biasanya rumah akan mengalami mati lampu secara otomatis sehingga Anda perlu mematikan beberapa perangkat elektronik. Tak hanya di rumah, tapi penggunaan listrik yang tinggi di suatu wilayah juga akan memicu sistem pemadaman otomatis dari pembangkit listrik supaya terhindar dari kerusakan.

Korsleting Listrik

Korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik biasa terjadi jika ada dua kabel positif dan negatif yang terbuka dan saling bersentuhan, baik disengaja maupun tidak. Korsleting ini bisa menyebabkan rumah Anda mengalami mati lampu.

Gangguan atau Bencana Alam

Mati lampu memang kerap terjadi saat bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Sebab, banjir dan gempa bumi dapat mengacaukan aliran listrik sehingga perlu dipadamkan demi keselamatan Anda. Sementara itu, angin yang berembus terlalu kencang juga dapat memutus kabel listrik dan memadamkan listrik di suatu wilayah.

Baca Juga: Cara Menghitung Penggunaan Listrik Pascabayar di Rumah

Kabel Listrik Tersangkut Benda

Benda-benda tertentu seperti dahan pohon atau layangan yang tersangkut pada kabel listrik dapat menyebabkan kabel tersebut terputus atau mengalami korsleting, sehingga akan memutus aliran listrik dan menyebabkan mati lampu di rumah.

Power SAG

Power SAG adalah kondisi yang terjadi saat rumah Anda mengalami penurunan pasokan daya listrik secara mendadak, sehingga rumah Anda dapat mengalami mati lampu.

Electrical Line Noise

Electrical line noise adalah kondisi yang terjadi saat aliran gelombang listrik terganggu oleh penumpukan frekuensi radio di suatu wilayah. Hal ini dapat membebani aliran listrik yang ada, sehingga dapat memutus pasokan listrik dan menyebabkan mati lampu di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Menghemat Penggunaan Listrik di Rumah, Mudah!

Gardu Pemasok Listrik Rusak

Gardu pemasok listrik yang rusak juga dapat menyebabkan mati lampu di rumah. Sebab, gardu yang mengalami kerusakan akan membuat pasokan listrik mengalami penurunan secara drastis, sehingga menyebabkan listrik padam di suatu wilayah.

Proyek Galian Bawah Tanah

Proyek galian bawah tanah yang sering Anda temukan di jalan dapat mengganggu kabel listrik di bawah tanah, sehingga pemadaman listrik perlu dilakukan dan membuat wilayah di sekitar rumah Anda mengalami mati lampu.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan mati lampu atau pemadaman listrik di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News