Santai

Bepergian Pakai DAMRI, Begini Ketentuan Pakai Toiletnya

Bepergian Pakai DAMRI, Begini Ketentuan Pakai Toiletnya

MOMSMONEY.ID - Saat bepergian, fasiitas toilet merupakan salah satu fasilitas terpenting pada setiap transportasi, termasuk bus. Apalagi, saat bepergian, pelanggan perlu menggunakan fasilitas toilet tersebut.

Saat bepergian menggunakan DAMRI khususnya rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Anda pun tak perlu khawatir akan fasilitas toilet, karena DAMRI menyediakan fasilitas ini.

“Bus AKAP DAMRI dilengkapi dengan toilet yang terletak di bagian belakang bus," ujar Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R. M. Pohan.

Namun, berbeda dengan toilet pada umumnya, terdapat beberapa ketentuan untuk menggunakan toilet pada bus DAMRI.

Chrystian menjelaskan, maayoritas toilet yang terdapat pada bus hanya dapat digunakan untuk buang air kecil (BAK) dan hanya dapat digunakan pada saat bus berjalan.

“Hal tersebut juga berlaku pada toilet yang terdapat di bus DAMRI,” ujar Pohan.

Baca Juga: Apa Itu Film F-Rated? Berikut Penjelasan dan Sejarah Singkatnya

Ia menambahkan bahwa pihaknya telah memasang papan informasi di dalam toilet yang menerangkan bahwa penggunaan toilet hanya untuk BAK.

Nah, bagi penumpang yang ingin melakukan buang air besar (BAB) selama perjalanan, dia menerangkan bahwa untuk saat ini, penumpang dapat melakukan BAB di rest area ketika bus berhenti untuk servis makan maupun melakukan pengisian bahan bakar.

Ketentuan khusus berlaku untuk layanan Imperial Suites. Ia menerangkan, karena Imperial Suites memiliki konsep penyajian servis makan di dalam bus dan tidak berhenti di rest area, penumpang dapat meminta kepada crew on bus untuk berhenti sejenak di rest area terdekat.

“Namun, dengan ketentuan bahwa kondisi sudah tidak memungkinkan bagi penumpang untuk menahannya sampai rest area tempat bus Imperial Suites melakukan pengisian bahan bakar,” jelasnya.

Selain itu, DAMRI juga memastikan bahwa toilet di dalam bus layak untuk dipakai selama perjalanan. DAMRI rutin melakukan pembersihan armada secara menyeluruh termasuk toilet dengan membersihkan lantai dan bagian-bagian toilet.

DAMRI pun kembali mengajak penumpang untuk turut serta menjaga kebersihan dengan membuang sampah ke dalam kloset dan membuangnya ke tempat yang telah disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News