ads

Benda di Rumah yang Bisa Dipakai Ulang, Apa Saja?

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:29 WIB
Benda di Rumah yang Bisa Dipakai Ulang, Apa Saja?

ILUSTRASI. Berikut beberapa benda di rumah yang bisa dipakai ulang daripada dibuang begitu saja.


MOMSMONEY.ID - Setiap hari, ada banyak benda di rumah yang berakhir menjadi sampah, mulai dari sisa makanan, kemasan produk, hingga wadah-wadah yang sudah tidak terpakai.

Idealnya, barang yang sudah tak terpakai memang harus langsung dibuang supaya tidak memenuhi dan mengotori rumah.

Namun, ternyata ada beberapa benda di rumah yang masih bisa dipakai atau digunakan ulang, lo. Dengan memanfaatkan kembali barang-barang ini, Anda pun bisa mengurangi volume sampah yang dihasilkan di rumah setiap hari.

Apa saja benda-benda yang dimaksud? Dilansir dari One Green Planet dan Decortips, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mau Mengusir Kecoa dari Rumah? Coba 4 Cara Ini!

Ampas kopi dan teh

Jika Anda suka minum kopi tubruk atau minum teh, jangan buru-buru membuang ampas atau bekas kantung tehnya. Sebab, keduanya bisa dimanfaatkan kembali untuk menyuburkan taman di rumah.

Caranya, cukup taburkan ampas kopi atau ampas teh (pastikan sudah dikeluarkan dari kantungnya) dengan tanah, lalu aduk rata. Supaya berfungsi maksimal, jangan gunakan ampas kopi atau teh yang dicampur gula.

Sikat gigi

Sikat gigi yang sudah tak terpakai bisa dimanfaatkan kembali untuk membersihkan rumah. Karena ukurannya yang kecil, sikat gigi cocok digunakan untuk membersihkan area seperti nat keramik atau sudut-sudut kecil lainnya.

Selain itu, sikat gigi bekas juga bisa digunakan untuk membersihkan dan menyikat bagian bawah sol sepatu yang kotor.

Pakaian dan handuk bekas

Pakaian dan handuk bekas yang sudah tidak terpakai bisa digunakan kembali menjadi berbagai benda. Salah satu cara termudahnya adalah dengan memotong-motong pakaian dan handuk bekas menjadi lap dapur.

Atau, Anda bisa memanfaatkan pakaian dan handuk bekas menjadi keset kamar mandi, alas tidur untuk hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 6 Tips Mengurangi Sampah Plastik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Botol dan wadah plastik

Botol dan wadah plastik merupakan salah satu sampah yang banyak dihasilkan dari rumah dan bisa ditemukan di mana-mana. Selain itu, ada banyak sekali cara untuk memanfaatkan kembali botol dan wadah plastik.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat pot tanaman dari botol dan wadah plastik. Atau, gunakan botol dan wadah plastik tersebut sebagai tempat minum dan makan untuk hewan peliharaan di rumah.

Koran dan majalah bekas

Jangan buru-buru menjual koran dan majalah bekas ke tempat loak, tapi cobalah untuk memanfaatkannya dulu di rumah.

Misalnya, gunakan koran bekas untuk membersihkan permukaan kaca dan cermin. Selain itu, lembaran koran dan majalah bekas juga bisa digunakan sebagai kertas pembungkus atau kertas kado yang murah dan praktis.

Itulah beberapa contoh benda di rumah yang bisa dipakai ulang sebelum dibuang. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER