Keluarga

Benarkan Alat Masak Anti Lengket Mengandung Bahan Kimia Berbahaya bagi Tubuh?

Benarkan Alat Masak Anti Lengket Mengandung Bahan Kimia Berbahaya bagi Tubuh?

MOMSMONEY.ID - Moms pasti memiliki alat masak anti lengket atau sering disebut sebagai teflon di dapur. Teflon sudah menjadi alat masak yang wajib dimiliki sebab memberikan banyak manfaat. Misalnya, Anda bisa memanggang tanpa minyak bahkan menggoreng telur tanpa minyak.

Baca Juga: Promo Karnaval Dapur di Tokopedia, Beli Alat Masak Dapat Diskon Plus Cashback

Namun ternyata alat masak teflon anti lengket ini mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya. Melansir Alodokter.com, teflon sendiri adalah nama merek dari polytetrafluoroethylene (PTFE) yang merupakan bahan kimia buatan. Sayangnya, teflon justru bisa melepaskan bahan kimia berbahaya jika digunakan pada suhu lebih dari 300 derajat Celcius. 

Nah, salah satu bahan yang digunakan dalam membuat teflon anti lengket adalah perfluorooctanoic acid (PFOA). Bahan ini yang berfungsi untuk mencegah minyak dari makanan berlemak meresap dan menyebabkan lengket. Namun PFOA sendiri bisa membahayakan kesehatan jika mengendap dalam jangka panjang. Misalnya kanker, kerusakan hati dan ginjal serta menurunkan sistem kekebalan tubuh. Namun, belum ada bukti secara ilmiah yang konsisten mengenai dampak PFOA tersebut. 

Baca Juga: Hindari Bakteri, Ini Trik Membersihkan Dapur Seusai Memasak Daging

Sehingga, Moms tenang saja. Anda masih bisa menggunakan teflon sebagai alat masak dengan beberapa tips. Moms perlu menjaga suhu jangan sampai lebih dari 300 derajat Celcius. Atau lebih mudahnya, Moms bisa mengarahkan kipas angin ke teflon saat digunakan. Bisa juga dengan membuka jendela dapur atau memasak di tempat yang sirkulasi udaranya baik. 

Anda juga perlu berhati-hati dalam mencuci, jangan sampai menggunakan spons yang kasar. Jika teflon tergores karena spons kasar Moms harus segera menggantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News