HOME, Keluarga

Benarkah Menyimpan Tanaman Hias di Dalam Ruangan Bikin Sehat?

Benarkah Menyimpan Tanaman Hias di Dalam Ruangan Bikin Sehat?

MOMSMONEY.ID - Memelihara tanaman hias di dalam ruangan tak hanya memiliki kepentingan untuk menghijaukan ruangan, tetapi diklaim bermanfaat untuk mengatasi permasalahan udara dan menyehatkan. Namun, benarkah memelihara tanaman di dalam ruangan bisa meningkatkan kesehatan?

Keterkaitan alam dengan lahan hijau bagi peningkatan kesehatan mental dan fisik penghuninya memang ada. Namun, dilansir dari Nytimes.com, menurut Frances E. Kuo, seorang professor sumber daya alam dan ilmu lingkungan di University of Illinois di Urbana-Champaign, tanaman dalam ruangan terbukti lemah kualitasnya daripada tanaman yang ada di lahan hijau di luar ruangan atau dari alam.

Baca Juga: Ingin Memelihara Tanaman Tanpa Repot? 6 Kaktus Mini Ini Bisa Jadi Pilihan!

Selanjutnya, Thomas Whitlow seorang ahli ekologi perkotaan di Cornell University, mengatakan, memiliki tanaman hias tak mungkin menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas udara pada ruangan dan ada potensi negatif karena tanaman menghasilkan alergen yang dapat menimbulkan respon imun yang cukup parah bagi beberapa orang.

Kendati demikian, beberapa penelitian kecil menemukan beberapa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan tanaman dalam ruangan. Pada tahun 1998 dari Norwegia, pekerja kantor memiliki keluhan kelelahan, batuk, tenggorokan kering, dan gatal berkurang ketika mereka memiliki tanaman di dalam ruangan. Di Inggris dan Belanda juga menemukan bahwa karyawan di gedung-gedung dengan tanaman menjadi lebih produktif dan dapat berkonsentrasi lebih baik.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Ada dua uji coba terkontrol secara acak yang melaporkan bahwa pasien bedah di rumah sakit ditempatkan di kamar dengan tanaman akan mengurangi rasa sakit, kecemasan, stress, dan kelelahan dibandingkan pasien yang tinggal di kamar tanpa tanaman.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada dua pendapat berbeda mengenai tanaman dalam ruangan. Tanaman dalam ruangan memang cukup membantu dalam segi kesehatan bergantung jenis tanamannya.

Contohnya, tanaman monstera atau daun ivy yang membantu menaikkan kualitas udara di malam hari dengan menyerap CO2, menyerap formaldehida, dan melepaskan oksigen. Ada juga kaktus yang dapat memfilter udara di malam hari dan mengatasi radiasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News