HOME, Bugar

Benarkah Kelapa Hijau dan Susu Beruang Sembuhkan Covid?

Benarkah Kelapa Hijau dan Susu Beruang Sembuhkan Covid?

MOMSMONEY.ID - Semenjak lonjakan kasus positif covid-19 terjadi, banyak yang mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa hijau dan susu beruang mampu membantu penyembuhan Covid-19. Karena hal itu, harganya bahkan melonjak tinggi di sejumlah daerah. 

Lantas, apakah benar air kelapa hijau dan susu beruang bisa mengobati pasien positif covid?
 
Menurut dr. Raissa E. Djuanda, M.Gizi, SpGK dari rumah sakit MMC, Jakarta, air kelapa hijau asli memang mengandung manfaat yang bagus untuk tubuh. Karena di dalamnya mengandung mineral, kalsium, asam amino, vitamin A, B dan C yang bagus untuk tubuh. Dan mengkonsumsi air kelapa hijau asli, menurut dr. Raissa bisa mencegah dehidrasi dan menurukan risiko penyakit jantung.
 
Akan tetapi, dr. Raissa menyebut belum ada penelitian yang menyebutkan air kelapa hijau bisa mengobati covid. Melainkan bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh karena mengandung banyak vitamin dan mineral.
 
 
dr. Raissa menyampaikan, kalaupun saat isolasi mandiri ataupun di tengah pandemi banyak masyarakat yang ingin mengkonsumsi air kelapa hijau, lebih baik memilih air kelapa hijau yang asli. Tanpa tambahan gula dan pemanis buatan. 
 
Senada, dr. Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K menjelaskan, pernyataan mengenai susu beruang dapat menyembuhkan covid kurang tepat. Hal ini kata dr. Putri karena untuk meningkatkan imunitas, mencegah penyakit covid 19 atau meningkatkan penyembuhan setelah terpapar covid 19 adalah dengan membutuhkan asupan gizi seimbang secara bervariasi.
 
“Tidak bisa hanya mengutamakan protein saja. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral semua harus tercukupi dengan baik agar kinerja sistem imunitas dalam melawan virus covid 19 lebih optimal,” ucap dr. Putri.
 
Manfaat susu beruang sendiri kata dr. Putri, bila dikonsumsi bisa menjadi salah satu variasi untuk pemenuhan protein hewani, vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Dan tidak hanya susu dengan merek tertentu, menurut dr. Putri, semua merk susu sapi bisa dikonsumsi. “Namun sebaiknya pilih yang rendah lemak dan rasa yang plain sehingga tidak tinggi kandungan gulanya,” tandasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News