HOME, Santai

Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Melihat Hantu?

Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Melihat Hantu?

Baca Juga: Manfaat Daun Ketapang Sebagai Obat Alami Ikan Hias

Dilansir dari akc.com, tidak ada bukti ilmiah bahwa anjing dapat melihat hantu. Sebab, ada banyak perilaku hewan yang tidak pasti sehingga kemungkinan seekor anjing merasakan sesuatu yang tidak dapat dilihat manusia bukanlah hal yang mustahil.

Hewan sejatinya memiliki pancaindra yang berbeda dan menakjubkan dibanding manusia. Pancaindra mereka lebih peka dan sensitif. Contohnya, pendengaran dan penglihatan yang tajam.

Dilansir dari rd.com, menurut Jill Villarreal, PhD, kepala ahli perilaku hewan untuk perusahaan makanan hewan Open Farm, anjing dapat melihat gerakan jauh lebih baik daripada manusia. Anjing juga memiliki indra penciuman 10.000 hingga 100.000 kali lebih sensitif dari manusia. Selain itu, anjing dapat mendengar frekuensi dua kali lebih banyak dari manusia. Mereka dapat menangkan suara yang empat kali lebih jauh daripada yang dapat dideteksi manusia.

Fakta-fakta tersebut dapat menjadi alasan kenapa anjing berperilaku aneh (seperti sedang melihat atau merasakan kehadiran sesuatu tak kasat mata). Namun, sebenarnya mereka sedang melihat sesuatu yang kecil dan bergerak, mencium sesuatu yang menarik, atau bahkan sedang mendengar suara dari jarak yang amat jauh.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Mabuk, Ini Manfaat Lain Catnip Untuk Kucing

Selain itu, anjing juga lebih terbuka terhadap hal-hal yang dirasakannya dan bertindak sesuai yang dirasakan, seperti manusia yang memiliki firasat. Tak menutup kemungkinan bahwa anjing melakukan perilaku tersebut karena sebuah kebiasaan, seperti menunggu pemiliknya datang di depan pintu pada saat-saat tertentu.

Hal yang dialami anjing tak berbeda dengan kucing. Anjing dan kucing sama-sama memiliki kepekaan untuk melihat dalam gelap. Dalam kondisi gelap, kemampuan khusus mereka bagi manusia seperti melihat menggunakan kacamata inframerah yang dapat membantu mereka melihat dalam gelap.

Anda tak perlu terkejut bila mendapati kucing Anda tiba-tiba menerjang sesuatu di dalam gelap. Barangkali dia sedang menerjang cicak atau lalat yang tak Anda lihat.

Kucing dan anjing juga mampu melihat spektrum sinar ultraviolet atau UV. Kemampuan ini berfungsi untuk membantu mereka mencari mangsa dan menghindari predator pada malam hari. Padahal kamera yang dapat menangkap cahaya inframerah dan sinar ultraviolet dibutuhkan oleh para pemburu hantu untuk menangkap keberadaan hantu. Mungkin inilah yang menyebabkan hewan dianggap dapat melihat hantu.

Kendati demikian, kemampuan kucing dan anjing bisa melihat hantu ini tetap menjadi misteri. Barangkali, mereka memang melihatnya. Benar atau tidaknya, hanya Tuhan yang lebih tahu.

Selanjutnya: Ini Alasan Ikan Hias Mati Mendadak di Akuarium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News