HOME, Bugar

Belum Tentu Hamil, Ini Penyebab Haid yang Tidak Teratur

Belum Tentu Hamil, Ini Penyebab Haid yang Tidak Teratur

MOMSMONEY.ID - Telat haid merupakan salah satu tanda seorang perempuan sedang hamil. Namun, bukan berarti kondisi ini selalu dikaitkan dengan kehamilan.

Ada berbagai kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab terlambatnya datang bulan. Telat haid bisa saja merupakan ciri hamil 1 minggu.

Selain itu, dirangkum dari Everyday Health dan Women Health, beberapa kondisi juga dapat menyebabkan kondisi telat haid, antara lain 

1. Stres

Stres bisa berdampak pada hormon dan bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Kondisi tersebut pada gilirannya akan mengganggu siklus menstruasi.

Jika terjadi hingga berkepanjangan, stres bisa memicu penyakit atau perubahan berat badan secara tiba-tiba, baik berupa peningkatan maupun penurunan. 

Baca Juga: Gejala Kista Ovarium yang Perlu Diketahui Wanita

2. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga dapat memengaruhi siklus haid, sebab perannya dalam mengatur metabolisme tubuh bisa berdampak pada produksi hormon.

Seiring dengan pengobatan tiroid yang dijalani, menstruasi pun dapat kembali normal.

3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS juga bisa memicu siklus menstruasi terlambat. Menurut ahli di National Institutes of Health - Medline Plus, PCOS merupakan adanya kelainan pada hormon dan sistem metabolisme tubuh, sehingga fungsi indung telur terganggu.

Kondisi inilah ujung-ujungnya bisa membuat periode menstruasi tidak teratur. Sayangnya sampai kini penyebab PCOS belum diketahui pasti.

Akan tetapi, ada dugaan kuat kalau penyakit ini berkaitan dengan kondisi lain. Contohnya, sindrom metabolik atau resistensi insulin.

4. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Ada dua hormon yang memainkan peran di sini.

Pertama, hormon estrogen yang memengaruhi kesuburan dan siklus haid. Lalu, kedua ada hormon progesteron yang membantu mengatur sistem reproduksi dalam mempersiapkan terjadinya kehamilan, termasuk siklus haid.

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! Ini 5 Gejala PCOS yang Bisa Ditandai Sejak Dini

5. Penggunaan alat kontrasepsi hormonal

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal jadi penyebab telat haid berbulan-bulan. Hal ini karena konsumsi pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin sehingga menghambat ovarium melepaskan sel telur.

Jika penggunaan alat kontrasepsi hormonal jadi penyebab telat haid berbulan-bulan yang mungkin Anda alami, Anda bisa menghentikan dulu konsumsi pil KB setidaknya 6 bulan lamanya. 

Kondisi telat haid tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Begitu Anda menyadari sudah 3 bulan tidak mengalami haid, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu kemungkinan penyebabnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News