InvesYuk

Belanja Reksadana Baru, Hadapi Tahun Kelinci

Belanja Reksadana Baru, Hadapi Tahun Kelinci

MOMSMONEY.ID - Aplikasi investasi multi aset, Pluang, meluncurkan lebih dari 15 produk reksadana baru di 2023. Manajer investasi yang diajak kerjasama adalah Sucorinvest, Eastspring, Batavia dan lainnya. 

Di tahun 2022 pertumbuhan investor reksadana di Pluang mengalami peningkatan dana kelolaan dan transaksi tahunan sebanyak lebih dari enam kali lipat. Jenis reksadana yang paling banyak dipilih investor adalah reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. 

Kedua jenis reksadana tersebut paling banyak dipilih karena merupakan investasi jangka panjang yang memberikan return stabil dengan level risiko rendah. Tidak heran investor banyak memilih reksadana dengan risiko yang rendah dan berinvestasi dalam jangka panjang karena memang kondisi global masih tidak pasti akibat kenaikan suku bunga. 

Dari data KSEI di akhir tahun 2022 juga menunjukkan bahwa jumlah investor reksadana dengan risiko relatif rendah meningkat lebih dari 40% dalam satu tahun terakhir. Selain itu, jumlah investor reksadana di 2022 sebanyak 9,59 juta atau lebih dari 80% proporsi investor tersebut ada di fintech. 

Baca Juga: Pluang Perkenalkan Fitur Leverage untuk Aset Saham AS

Namun, prospek reksadana saham juga tidak kalah menarik. Head of Corporate Communication Kartika Dewi menyebutkan dalam keterangan tertulis Jumat (20/1), investor baiknya memperhatikan faktor kembalinya aktivitas ekonomi pasca pelonggaran kegiatan dan faktor kapanye dalam menyambut pemilu 2024. 

"Momen-momen kunci tersebut bisa menjadi katalis dalam mendukung rally saham di sektor-sektor berkapitalisasi besar pada semester II-2023 dan memicu pertumbuhan reksadana saham menjadi lebih agresif," kata Kartika. 

Pluang juga memfasilitasi inisiatif investor ritel untuk berkontribusi meningkatkan sektor publik lewat UOB Membangun Negeri (UDARi) yang berfokus pada obligasi pemerintah dan obligasi korporasi BUMN. "UDARi merupakan produk investasi reksa dana yang berkontribusi pada pembangunan nasional. Harapannya para pengguna Pluang bisa memiliki pilihan produk investasi berkualitas sekaligus turut serta membangun pertumbuhan ekonomi,” tutup Kartika. 

Baca Juga: Pluang: Platform Investasi Multi-Aset Berdampak Positif ke Pendapatan Investor Ritel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News