BisnisYuk

Belajar dari Kegagalan Salon Hingga Jadi Konsultan Bisnis Marsya Nathasya

Belajar dari Kegagalan Salon Hingga Jadi Konsultan Bisnis Marsya Nathasya

MOMSMONEY.ID - Marsya Nathasya, sosok gadis muda yang terbilang sukses merintis usaha salon. Meski baru lima tahun nyemplung ke bisnis ini, Marsya sudah mampu menyedot banyak pelanggan. Tak terkecuali pelanggan dari kalangan selebgram hingga artis. Mulai dari Amanda Manopo, Ghea Indrawati, Lucinta Luna, Siti Badriah, Rizky Febrian, hingga Sule pernah merasakan tangan dingin Marsya Nathasya dalam menata dan mewarnai rambut.

Marsya mengklaim tak kurang dari 100 artis dan selebgram pernah dia tangani. Tak cuma itu, dalam moment  Fashion Week di Paris tahun ini, Marsya pun andil menata rambut para modelnya.

Gadis yang baru berusia 28 tahun ini mengaku bisa mengantongi omzet Rp 150 juta sampai Rp 350 juta per bulan. Saat ini ada 10 karyawan yang bekerja di salon yang dinamai Marsya Nathasya Salon & Academy.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Body Mist Agar Wanginya Tahan Lama

Kok ada academy? Ya, awal mulanya Marsya memang hanya melayani salon rambut biasa. Namun dia lantas mengubah konsep salonnya dengan spesial keahlian dalam mewarnai rambut.

“Kami ini salon pertama dengan konsep menjual pewarna rambut,” klaim Marsya ketika ditemui Momsmoney di pameran Cosmobeaute Indonesia di JCC Kamis (3/11).

Marsya bilang, dia menggunakan produk pewarna rambut dari Jepang. Dengan warna lengkap dan pelayanan konsultasi sebelum pelanggan memilih warna rambut membuat salon Marsya booming diminati pelanggan.

Setelah sukses sebagai salon yang memiliki spesialisasi dalam pewarnaan rambut ternyata banyak pelaku usaha salon lain tertarik untuk belajar. Dari situlah, Marsya kemudian membuka hair academy.

Da“Dengan 5 hari kelas intensif kami ajarkan dari basic to pro hair color,” ujar Marsya yang memiliki tinggi semampai ini.

Marysa Nathasya Pemilik Marsya Nathasya Salon & Academy

Nah tahun ini, Marsya membuka bisnis lagi yang tak jauh-jauh dari urusan salon yaitu salon business consultant. Marsya membuka jasa konsultasi bisnis salon dari urusan pembangunan salon, management salon, SOP salon, standarisasi karyawan, sistem penggajian, operasional salon, hingga sistem kasir.

“Bisnis ini saya baru buka tahun ini. Idenya ya karena saya sendiri pernah punya pengalaman menjalankan salon dan hampir bangkrut. Dari situ saya belajar bagaimana mengelola salon,” terang Marsya.

Menurut Marsya tidak sedikit pengusaha salon yang gulung tikar karena ditipu karyawan dan kesalahan managemen. “Jadi sebelum yakin membuka salon harus dipelajari managemennya betul,” ujarnya.

Selain karena pengalaman pribadi, Marsya membuka layanan jasa konsultasi bisnis salon karena ada permintaan dari siswa yang ikut hair academy miliknya. Sebab, para siswa yang ikut kelasnya kebanyakan juga pelaku usaha salon. Jadi mereka tak ingin bisa menata dan mewarnai rambut secara profesional saja tapi juga ingin usahanya bisnis, karenanya butuh belajar juga.

“Saya yakin, bisnis kecantikan di Indonesia bakal terus berkembang. Termasuk kecantikan dalam urusan rambut. Selama usaha dikelola dengan benar pasti bakal sukses,” terang Marsya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News