HOME, Bugar

Bekas Jerawat Bikin Enggak PD? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas Jerawat Bikin Enggak PD? Ini 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

MOMSMONEY.ID - Bekas jerawat di wajah kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. 

Untuk mengatasinya, ada cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang dapat Anda coba lakukan di rumah. Dengan begitu, wajah bersih dan sehat pun dapat Anda peroleh. 

Dilansir dari Women Health inilah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

1. Menggunakan lidah buaya

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang pertama dengan menggunakan lidah buaya. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Lidah buaya mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat karena mengandung aloin, yaitu senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi kulit. 

2. Mengoleskan soda kue

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang kedua adalah dengan mengoleskan soda kue.  

Soda kue dapat berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. 

Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. 

3. Menempelkan irisan lemon

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang ketiga dengan menempelkan irisan lemon. Lemon juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. 

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah dengan baik.  

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat. 

Sayangnya, pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat karena rentan mengalami iritasi. 

Baca Juga: 5 Cara yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

4. Ekstrak biji anggur

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang keempat menggunakan ekstrak biji anggur.  

Ekstrak biji anggur adalah bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang menimbulkan bintik hitam. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip seperti hiperpigmentasi pasca-inflamasi. 

5. Membuat masker madu

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang kelima adalah membuat masker madu.  

Madu tidak hanya mampu menghilangkan bekas jerawat, tapi juga mempercepat penyembuhan luka, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka. 

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. 

Cara menggunakan masker madu cukup mudah. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih. 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda melakukan semua hal tersebut agar masalah yang terjadi pada kulit, terutama di wajah, dapat diatasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News