HOME, AturUang

Begini Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Begini Tips Perencanaan Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

MOMSMONEY.ID - Perencanaan keuangan sangat dibutuhkan dalam rumah tangga, khususnya bagi keluarga baru yang baru membangun rumah tangga. Perencanaan keuangan dibutuhkan untuk memastikan pengeluaran rumah tangga terkontrol dan tidak melebihi angka penghasilan.

Co-Founder Lifepal.co.id, Benny Fajarai pun memberikan berbagai tips bagi pasangan muda terkait perencanaan finansial. Menurutnya, dengan merencanakan finansial menjadi langkah mencapai kebebasan finansial ke depannya.

"Mempersiapkan perencanaan finansial yang tepat bagi keluarga muda akan menjadi salah satu langkah dalam mencapai kebebasan  finansial di masa depan," ujar Benny.

Baca Juga: Kenapa Kucing Dewasa Tidak Mau Bermain-Main Lagi? Ini Jawabannya

Berikut tips-tips mengatur keuangan bagi pasangan muda:

1. Menjalin komunikasi dengan pasangan
Sebagai pasangan yang baru menikah, penting untuk terbuka dan menjalin komunikasi yang baik terkait semua jenis pengeluaran dan pendapatan. Apalagi menurut Benny, setelah menikah, pasangan memiliki prioritas yang berbeda dimana pengeluaran yang tadinya untuk diri sendiri berganti untuk keluarga.

Anggaran untuk kebutuhan keluarga dapat diperhitungkan dengan matang bila terjalin komunikasi antar pasangan yang baik.

2. Memprioritaskan anggaran untuk dana darurat

Benny menyarakan agar pasangan muda menyiapkan dana darurat. Menurutnya besarannya dapat didiskusikan bersama pasangan. Namun idealnya, dana darurat dapat berjumlah 3-6 kali lipat dari total penghasilan bersama dalam kurun waktu 1 bulan. Selain itu, simpan dana darurat di rekening bersama.

3. Membiasakan investasi bersama
Bila sudah menikah, pasangan muda dapat mempertimbangkan untuk melakukan investasi bersama. Ini bermanfaat untuk menambah dana tabungan pendidikan anak atau dana pensiun di kemudian hari.

Baca Juga: Bolehkah Memandikan Hamster Agar Bau Tak Sedap Hilang? Simak Jawabannya

4. Mencatat pengeluaran dalam catatan khusus

Menurut Benny, dengan mempersiapkan catatan khusus terkait cash flow maka pengeluaran keluarga akan sangat terbantu. menurutnya, catatan semua pengeluaran akan membantu memastikan perencanaan keuangan terukur, dimana semua transaksi sudah disesuaikan dengan dana yang ada.

5. Mempersiapkan proteksi bagi keluarga

Benny juga menyebut bahwa pasangan muda perlu untuk menyiapkan proteksi bagi keluarga. Ini untuk menghindari berbagai risiko yang dapat mengganggu stabilitas finansial.

Menurutnya, proteksi seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa bisa menjadi pilihan dasar dan prioritas awal yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News