Begini Rencana Penobatan Raja Charles III

Reporter: Benedicta Prima
Minggu, 02 Oktober 2022 | 15:10 WIB
Begini Rencana Penobatan Raja Charles III


MOMSMONEY.ID - Sebagai seorang Raja Inggris, King Charles III perlu melakukan upacara penobatan. Upacara ini dilaksanakan dengan serangkaian ibadah di gereja, pengucapan janji dan sumpah kepada Tuhan dan pengurapan dengan minyak suci. 

Queen Elizabeth II, ibu Raja Charles III dinobatkan sebagai ratu pada 1953. Melansir Metro.co.uk, pada tahun itu biaya penobatan mencapai 1,57 juta poundsterling atau setara Rp 25,59 miliar ( 1 poundsterling = Rp 16.300). Bukan tak mungkin, biaya penobatan Raja Charles III juga akan memakan biaya yang cukup besar. 

Baca Juga: Yuk, Intip Clarence House, Rumah Raja Charles III dan Camilla

Inggris menghadapi angka kemiskinan yang cukup besar

Melansir Cosmopolitan, penobatan ayah dari Pangeran William ini tidak akan lebih besar dibanding penobatan Ratu Elizabeth II. Terutama karena Inggris tengah mengalami krisis. Data menunjukan setiap satu dari lima orang di Inggris hidup dalam kemiskinan. Angka ini akan terus bertambah mengingat semakin banyak keluarga yang bergantung pada lembaga bantuan makanan di sana. 

Sebagian pajak di Inggris digunakan untuk membiayai prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II

Masih dari sumber yang sama, menjelaskan bahwa biaya prosesi pemakaman sang ratu ditanggung oleh pemerinah dan keluarga kerajaan. Artinya prosesi ini sebagian menggunakan uang pajak yang dibayarkan olh penduduk Inggris. 

Mengingat hal itu, Raja Charles II mengatakan upacara penobatannya akan lebih singkat, kecil dan murah. Seorang narasumber dari kerajaan mengatakan Raja Charles memaami penderitaan rakyat, maka dia berharap penobatannya tetap harus sesuai dengan tradisi yang ada namun juga mewakili dunia yang semakin modern. 

Raja Charles III bakal merampingkan struktur kerajaan

Dikatakan juga bahwa Raja Charles III dalam kekuasaan tahtanya bakal merampingkan sistem monarki di Inggris. Dia dikabarkan akan mengurangi jumlah anggota keluarga kerajaan yang bekerja.

Baca Juga: Sri Mulyani hingga Presiden Jokowi Komentari Situasi Ekonomi Inggris Terkini

Saat ini ada sekitar 9 jabatan kerja keluarga kerajaan yaitu King Charles III, Camilla, Prince William, Kate Middleton, Princess Anne, Prince Edward, Sophie Wessex dan Prince Richard serta istrinya. Sementara itu Princess Beatrice dan Princess Eugenie tidak termasuk anggota keluarga kerajana senior yang bekerja karena keduanya memiliki pekerjaan lain. Begitu pula dengan cucu Ratu Elizabeth Zara Tindall yang sudah memiliki beberapa ventura di luar keluaga kerajaan. 

Upaya ini pernah diungkap oleh Daily Mail pada tahun lalu, bahwa Raja Charles III ini bakal memodernisasi sistem Monarki di Inggris. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER