Keluarga

Begini Lho Tren Sofa Sejak Tahun 1920 hingga 1970

Begini Lho Tren Sofa Sejak Tahun 1920 hingga 1970

MOMSMONEY.ID - Sofa selalu menjadi pusat perhatian di dalam rumah sejak sekitar tahun 1600. Tanpa sofa, sebuah ruangan terasa tak hidup. Sofa adalah tempat favorit kita semua untuk bersantai dan membuka percakapan hangat di dalam keluarga maupun tamu yang datang. 

Pentingnya sofa dalam sebuah rumah tentu membuat sofa memiliki trennya tersendiri. Tren sofa berkembang sejalan dengan perputaran waktu dan banyaknya desainer baru yang datang dan memberikan solusi baru untuk sofa. 

Baca Juga: Ide Untuk Membangun Rumah dengan Lantai Split

Melansir Architectural Digest desain sofa dipengaruhi banyak hal mulai dari pertukaran secara global, pergerakan politik, perkembangan manufaktur dan lainnya. Yuk kita intip bagaimana tren sofa sejak era 1920-an hingga 1970-an.

1920-an: kebangkitan kolonial

Pada era ini tren sofa dipengaruhi oleh era kebangkitan kolonial. Memiliki model lengan digulung, terdapat rumbai di bagian bawah

1930-an: Era Depresi

Sofa 1930

Di era ini dunia tengah dihebohkan dengan adanya Great Depression di Amerika Serikat. Secara tidak langsung hal ini mempengaruhi desain sofa yang lebih berukuran kecil karena keluarga-keluarga pada era ini menempati ruangan yang lebih kecil. Biasanya furnitur juga dibuat dengan berbagai fungsi seperti sofa yang dilengkapi dengan tempat buku, meja kecil dan dua meja samping. 

1940-an: Modernisme Modular

Di tahun ini kita diperkenalkan dengan jenis modular sofa dengan harga terjangkau. Ide dasarnya adalah menggunakan model era depresi di tahun 1930-an namun memberikan harapan ekspansi di masa depan. Model sofa ini mengedepankan model yang sederhana dan mudah diakses oleh pasar secara umum. 

1950-an: Abad Pertengahan

Desain sofa ini salah satu desain yang mungkin masih bertahan hingga saat ini. Di era ini desainer sofa mulai mempertimbangkan tipe rumah yang lebih terbuka. Sofa di era ini lebih ramping, sederhana dan bersudut. 

1960-an: Era Percakapan 

Sofa 1960

Sebenarnya desain sofa di tahun 1950-an masih bertahan sepanjang tahun 1960-an. Namun di era ini orang mulai menggunakan sofa sebagai tempat berkumpul. Ini membuat desain sofa disatukan dengan lantai yang lebih rendah ketimbang lantai utama. Untuk duduk di sofa tersebut Anda harus turun, ini membuat kesan yang intim dan hangat. 

Baca Juga: Inspirasi Mendekor Ulang Kamar Apartemen

1970-an: Era Bersantai

Sofa Era 1970

Desain ini muncul sebagai respon dari era abad pertengahan yang cenderung kaku. Desain sofa di tahun ini mengutamakan permukaan yang nyaman dan mengundang orang untuk benar-benar bersantai di atas soda ini. Di era ini sofa memiliki sudut bulat dan terkesan mewah. Bahannya terbuat dari beludru, kurduroi atau kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News