Keluarga

Begini Desain Rumah yang nge-Trend ala Milenial

Begini Desain Rumah yang nge-Trend ala Milenial

MOMSMONEY.ID - Tren properti terus mengalami perubahan menyesuaikan zaman. Jika dulu masih banyak lahan kosong, mak rumah besar dengan pilar besar adalah rumah idaman. Tentu berbeda dengan tren rumah masa kini yang digandrungi milenial. 

BCA melalui situs resminya melihat lokasi rumah memiliki peran yang penting dalam menentukan hunian bagi milenial. Semakin strategis lokasinya, tentu akan semakin nyaman juga bagi penghuninya.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Merenovasi Rumah

Trend Rumah Idaman Millennials

Pada dasarnya, para millenials menginginkan rumah tipe minimalis. Meskipun minimalis, rumah yang ditempatinya tetap multifungsi dan mengakomodasi segala kebutuhan yang diinginkan. Berikut desain yang menjadi trend rumah millennials.

Rumah di lokasi alternatif
Kaum milenial cenderung lebih tertarik dengan rumah yang terletak di pinggir kota. Mereka beranggapan bahwa membeli hunian di pinggir kota akan lebih realistis, karena harganya yang masih terbilang terjangkau. Selain itu, lokasi yang memiliki akses menuju pusat kota seperti jalan tol, transportasi umum, dsb juga menjadi incaran para millennial.

Rancangan terbuka
Bangunan rumah dengan rancangan ruang terbuka (open space) tanpa koridor lebih menarik bagi kaum millenial. Hal utama yang menjadi prioritas adalah sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang lebih sehat.

Desain rumah kayu
Generasi millenials juga cenderung menyukai sentuhan warna-warna alami di rumahnya, contohnya palet warna alami pada pintu. Selain itu, warna kayu dari desain Skandinavia juga banyak digandrungi untuk mendesain ruang tamu mereka.
Tak kalah menarik, penggunaan keramik estetik juga menjadi favorit para millenials. Banyak motif-motif keramik bernuansa warna hangat menjadi daya tarik dan dijadikan hiasan untuk rumah. Tidak hanya keramik, banyak hunian juga memanfaatkan fungsi lantai vinyl.

Rumah pintar (smarthome)
Milenials juga makin tertarik dengan konsep rumah pintar. Biasanya, perabot di dalamnya akan terkoneksi dengan jaringan internet sehingga semuanya bisa dikontrol dari satu perangkat. Sudah banyak developer perumahan yang juga menyediakan jenis rumah ini untuk para milenials.
Tidak hanya itu, penghuni rumah juga bisa memadamkan lampu, menyalakan air, dan membuka pintu pagar dengan mudah. Kemudahan inilah yang menjadi daya tarik lebih untuk smart home yang digunakan para milenials.

Baca Juga: Cocok Jadi Dekorasi Rumah, Berikut Cara Menanam Tanaman Giok atau Jade Plant di Air

Rumah tumbuh
Konsep rumah tumbuh untuk para millenials dianggap penting, karena rancangannya lebih fleksibel ketika penghuninya ingin melakukan renovasi rumah. Seiring berjalannya waktu, para keluarga muda akan tumbuh bersamaan dengan huniannya.
Mereka akan membutuhkan hunian yang lebih luas di kemudian hari. Namun, keuntungan rumah tumbuh adalah rancangan bangunan yang bisa dibangun secara bertahap sesuai keinginan pemilik. Biasanya, penghuni juga bisa memilih jenis rumah tumbuh vertikal atau horizontal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News