HOME, Keluarga

Begini Cara Tepat untuk Menghadapi Orang Manipulatif

Begini Cara Tepat untuk Menghadapi Orang Manipulatif

MOMSMONEY.ID - Manipulatif merupakan strategi emosional tidak sehat yang digunakan individu untuk mengendalikan seseorang atau situasi ketika mereka tidak dapat mengungkapkan atau meminta hal-hal yang diinginkan secara langsung.

Orang-orang yang manipulatif bisa sangat baik, memaksa, atau bahkan kasar secara emosional. Meskipun mereka tidak tertarik pada kehidupan orang lain, namun orang yang manipulatif bisa bersikap seolah benar-benar peduli demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Ketika harus berhadapan dengan orang yang manipulatif, bagaimana respons yang biasanya Anda tunjukkan Moms?

Jika Anda masih bingung tentang bagaimana seharusnya menghadapi orang yang manipulatif dengan tepat, berikut MomsMoney bagikan 5 tipsnya yang dilansir dari Daily Mom.

Baca Juga: Terapkan 7 Tips Ini untuk Membantu Anak Remaja Anda Menyelesaikan Masalahnya

1. Abaikan

Berhubungan dengan orang yang manipulatif rentan mendatangkan perdebatan. Namun, cobalah untuk menghindari perdebatan karena orang manipulatif akan merasa menang saat Anda memilih untuk berdebat dengan mereka.

Sebagai gantinya, abaikan saja. Jika orang yang manipulatif tersebut merupakan keluarga, bos, atau rekan kerja dan Anda merasa kesulitan untuk mengabaikannya begitu saja, cobalah untuk menyetujui secara halus perkataan mereka.

Lalu, bergegaslah pergi dan lakukan hal yang benar-benar harus Anda lakukan saja. Namun, jika orang yang manipulatif tersebut bukan termasuk keluarga, bos, atau rekan kerja, ada baiknya Anda menjaga jarak atau bahkan menghapus mereka dari daftar relasi.

2. Tetapkan batasan

Batasan yang jelas perlu diciptakan dan dipegang teguh terutama saat Anda memiliki hubungan dengan orang yang manipulatif.

Hal ini dilakukan untuk mencegah sang manipulator memanfaatkan dan mendapatkan apa yang mereka inginkan dari Anda dengan mudah.

Dengan menetapkan batasan, Anda juga akan lebih mudah untuk melepaskan diri dari orang yang manipulatif jika memang diperlukan.

3. Jangan takut berkata “tidak”

Bagi sebagian orang, berkata tidak merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Faktanya, berani berkata tidak di situasi tertentu sangatlah bermanfaat terutama saat Anda harus berhadapan dengan orang yang manipulatif.

Tatkala Anda mampu berkata tidak dengan tenang kepada orang yang manipulatif, itu tidak akan memberikan mereka pembenaran dan kekuatan untuk mengendalikan situasi atau memanfaatkan Anda.

Sekali pun sang manipulator mencoba meyakinkan Anda dengan kata-katanya, selalu ingat untuk bersikap tegas dan tidak menyerah begitu saja ya Moms.

4. Tetap tenang

Reaksi emosional dari Anda dapat memicu api sang manipulator. Manipulator cenderung akan menggunakan reaksi semacam itu untuk membingungkan Anda dalam sebuah situasi.

Pada akhirnya, Anda akan merasa bahwa Anda lah pihak yang harus disalahkan atas situasi tersebut.

Alih-alih bereaksi berlebihan, cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam dan tetap tenang. Jangan biarkan orang manipulatif di hadapan Anda menciptakan kekacauan atau kebingungan yang tidak diperlukan.

5. Luangkan waktu untuk menyendiri

Sering kali, orang-orang yang manipulatif akan mencoba mendorong korbannya ke sudut dan memaksanya untuk membuat keputusan yang sebenarnya belum siap untuk ia buat.

Saat situasi seperti ini terjadi, jangan merasa tertekan untuk segera menanggapi atau memberikan pembenaran untuk tidak menanggapi.

Sebagai solusi, luangkanlah waktu untuk menyendiri dan memikirkan berbagai hal tanpa tuntutan dari orang manipulatif yang sedang menunggu tanggapan Anda.

Cara itu akan memberikan Anda waktu yang cukup untuk memproses percakapan sekaligus memikirkan kesepakatan yang cocok dan tentunya tidak merugikan Anda ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News