Santai

Begini Cara Supaya FYP di TikTok, Harus Kenal Orang Dalam

Begini Cara Supaya FYP di TikTok, Harus Kenal Orang Dalam

MOMSMONEY.ID - Ternyata, ada karyawan TikTok dan ByteDance yang bertugas menaikkan video Anda supaya masuk di FYP. Rahasia supaya FYP di TikTok ini Forbes ungkap melalui 6 sumber dan dokumen yang telah mereka kaji. 

Salah satu cara supaya FYP di TikTok, perusahaan ini bertahun-tahun mengklaim dengan membuat video yang bisa terbaca algoritma. Adapun algoritma TikTok ini dibuat untuk mempersonalisasi konten sesuai dengan perilaku pengguna di aplikasi ini. 

Namun, ternyata tak hanya itu. Melansir Forbes, dari 6 karyawan yang masih bekerja maupun sudah tidak bekerja di TikTok dan perusahaan induknya, ByteDance, serta internal dokumen yang telah dikaji, ada tambahan manual supaya FYP. 

Baca Juga: TikTok Harus Membayar Denda Rp 82 Miliar Karena Langgar Kebijakan Privasi Prancis

Ternyata, karyawan TikTok dan ByteDance secara rahasia melakukan intervensi, memilih video secara spesifik, dan membantu mendistribusikan video tersebut supaya viral dan masuk FYP. Proses ini disebut dengan heating

"Jumlah total video yang ditonton atau ditayangkan dari video yang heated, menyumbang sebagian besar dari total tayangan video harian, sekitar 1-2 persen. Angka ini memberikan dampak yang signifikan," tulis dokumen yang dikutip Forbes

TikTok tak pernah secara terbuka mengungkapkan hal ini kepada publik. Padahal, perusahaan teknologi lainnya seperti Google dan Meta pada taraf tertentu melakukan upaya ini untuk memperkuat posting, biasanya mengungkapkan tindakan ini kepada publik. 

Google dan Meta, misalnya, bekerjasama dengan organisasi kesehatan dan politik untuk memberikan informasi akurat mengenai Covid-19. Mereka pun biasanya memberikan alasan kenapa memilih konten tersebut untuk dipromosikan. 

Baca Juga: Simak Cara Daftar CapCut Dapat Uang Tambahan dengan Mudah, Ini Tipsnya

Namun, sumber Forbes mengatakan, TikTok kerap melakukan hal ini untuk merayu para influencer dan brand, supaya menjalin kemitraan dengan menaikkan jumlah penayangan video mereka supaya FYP di TikTok.

Sehingga, cara heating ini berpotensi menguntungkan beberapa influencer dan merek tertentu dan mengesampingkan yang lainnya. 

Praktik heating ini juga menunjukan video FYP yang muncul di akun Anda bukan karena Anda tertarik. Melainkan, karena TikTok ingin merek dan influencer tertentu mendapatkan banyak penayangan. Namun, video ini tanpa label iklan atau sponsor. 

Ternyata, praktek heating tersebut juga disalahgunakan oleh karyawan mereka. Praktek ini justru digunakan untuk menaikan konten dirinya sendiri atau orang-orang terdekat supaya masuk FYP di TikTok. 

"Kami mempromosikan beberapa video untuk membantu diversifikasi konten dan memperkenalkan selebriti dan kreator baru di TikTok," ungkap juru bicara TikTok Jamie Favazza. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News