HOME, Santai

Begini Cara Rawat Mobil Kala Musim Hujan

Begini Cara Rawat Mobil Kala Musim Hujan

MOMSMONEY.ID - Menghadapi musim hujan di penghujung akhir tahun ini membuat para pemilik mobil harus lebih ekstra merawat mobil kesayangannya. Berbeda dengan musim kemarau, kendaraan roda empat umumnya memang butuh perawatan yang lebih intens di saat musim hujan.

Ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan performa mobil tetap prima dalam menghadapi efek curah hujan yang meningkat.

Stephen Setyadi, Marketing Manager Autoglaze menyampaikan, tingginya kadar kelembaban dan kandungan zat asam air hujan yang menempel pada bagian mobil bisa merusak cat mobil dan menyebabkan karat.

Bukan hanya bisa merusak sisi penampilan, Stephen bilang air hujan yang masuk ke dalam komponen mesin mobil juga bisa mengganggu kinerjanya. Sebagai brand lokal yang berfokus pada layanan cuci mobil, auto detailing, dan paint protection,

Baca Juga: 4 Cara Sederhana untuk Membangun Keterikatan dengan Anak

"Autoglaze ingin mengimbau para pemilik kendaraan roda empat untuk lebih memperhatikan penampilan dan kondisi mesin mobil mereka di saat cuaca ekstrem. Menjaga kondisi teknis kendaraan menjadi hal wajib dilakukan untuk memastikan keamanan saat berkendara," ucap Stephen.

Ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil saat musim hujan? Ayo langsung simak beberapa tipsnya dari Autoglaze: 

1. Lakukan pembersihan komponen mesin mobil

Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil.

Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mencoba layanan Engine Cleaning di Autoglaze untuk membersihkan seluruh bagian mesin agar mencegah terjadinya kerusakan mesin. 

Baca Juga: Waspada, Total Kasus Omicron di Indonesia Bertambah Jadi 68 Kasus

2. Perhatikan kondisi wiper dan permukaan kaca

Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Selain memastikan kelayakan kondisi wiper, Autoglaze juga menyediakan layanan Window Coating atau pemberian lapisan coating pada kaca mobil sebagai alternatif proteksi yang lebih optimal.

Layanan ini akan melapisi permukaan kaca dengan partikel nano yang membuat air sulit menempel, sehingga Anda akan merasa tetap nyaman saat berkendara di tengah kondisi hujan dengan jarak pandang yang lebih jernih. 

3. Jangan menunda cuci mobil 

Malas mencuci mobil di musim hujan karena takut merasa sia-sia akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air? Faktanya, Anda tidak boleh membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur.

Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru

Anda bisa dengan praktis melakukan pencucian mobil atau Carwash di Autoglaze yang menggunakan teknologi touchless pertama di Indonesia. Layanan Carwash dari Autoglaze menghadirkan berbagai kualitas unggulan, seperti penggunaan air PAM yang telah difiltrasi untuk mencegah kerusakan cat mobil, alat high pressure washer bertekanan tinggi untuk menghilangkan kotoran secara lebih maksimal, serta produk-produk pembersih yang didatangkan langsung dari Belgia dan Jepang.

Tidak perlu merasa khawatir akan datangnya hujan setelah mencuci mobil, Autoglaze juga menjanjikan garansi pencucian mobil kembali jika dalam 1x24 jam mobil Anda terkena hujan.

4. Berikan perawatan khusus agar cat mobil tetap awet

Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Selain mencuci mobil, Anda dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating.

Autoglaze memiliki Coating Package yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan efek kilap atau glossy pada bodi mobil Anda, serta perlindungan maksimal dari air hujan dan residu yang dapat menimbulkan water spot.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Sukulen Indoor Tanpa Kerepotan

Tidak hanya melapisi bagian permukaan mobil, paket ini dilakukan secara menyeluruh hingga bagian kaca dan ban mobil. Wah, lengkap sekali bukan?

Selain layanan di atas, Autoglaze juga menawarkan berbagai layanan perawatan mobil lainnya, seperti AC Cleaning, Drywash, Ozone, dan berbagai produk perawatan mobil profesional.

Memahami kebutuhan pelanggannya di masa pandemi, Autoglaze juga turut menyediakan layanan Fogging atau sterilisasi interior mobil dengan alat A+ Nano Mist yang mampu menghilangkan bakteri, jamur, dan virus dengan tingkat efektivitas hingga 99%.

Ingin berkendara secara aman dan nyaman di kala musim hujan? Lakukan perawatan menyeluruh pada mobil kesayangan Anda di Autoglaze dengan promo Cashback 30% dari ShopeePay di cabang Autoglaze terdekat. Yuk, pastikan kondisi mobil di musim hujan tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan dengan berbagai layanan Autoglaze!

Baca Juga: Mau Pesta BBQ Saat Tahun Baru? Alat Masak Ini Wajib Tersedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News