Keluarga

Begini Cara Merangsang Perkembangan Janin di dalam Kandungan

Begini Cara Merangsang Perkembangan Janin di dalam Kandungan

MOMSMONEY.ID - Perkembangan janin berlangsung lebih cepat daripada saat ia sudah berada di luar kandungan. Itulah mengapa para ibu hamil wajib melakukan pemeriksaan kehamilan guna memastikan janin yang mereka kandung berkembang secara ideal. Selain pemeriksaan kehamilan, ibu hamil juga disarankan untuk mendorong perkembangan janinnya dengan melakukan stimulasi.

Dengan rajin melakukan stimulasi janin, itu akan membantu perkembangan neuron janin. Neuron sendiri adalah sel unit dasar otak dan sistem saraf yang sangat berperan dalam hal kecerdasan. Saat neuron janin banyak yang saling terhubung, ia pun akan memiliki beragam pengetahuan baru.

Lalu, bagaimana cara melakukan stimulasi untuk mendorong perkembangan janin di dalam kandungan? Melansir laman Primaya Hospital, inilah 5 caranya menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan bernama dr. Christina Sitorus, Sp.OG.

Baca Juga: Mengapa Ada Warna Mata Kucing yang Berbeda? Simak Jawabannya di Sini!

1. Memperdengarkan musik

Memperdengarkan musik kepada janin di dalam kandungan baik tanpa atau menggunakan headphone dapat merangsang banyak area perkembangan janin terutama indra pendengarannya.

Semakin dini Anda menerapkan kebiasaan ini, maka semakin besar pula kemungkinan janin tumbuh dan berkembang secara sehat.

Tidak ada jenis musik khusus untuk mempraktikkan metode stimulasi ini. Namun, musik klasik sangat disarankan untuk dipilih karena bisa menciptakan suasana yang tenang.

2. Membaca buku

Janin yang diperdengarkan kata-kata saat masih berada di dalam kandungan mampu mengenali kata-kata tersebut ketika lahir, menurut sebuah penelitian pada tahun 2013 di University of Oregon Amerika Serikat.

Dalam penelitian tersebut, sejumlah ibu hamil diberikan rekaman berisi kata-kata yang harus diperdengarkan kepada janin yang mereka kandung menjelang akhir masa kehamilan. Hasilnya, bayi yang dilahirkan oleh sejumlah ibu hamil tersebut dapat mengenali kata-kata dalam rekaman beserta variasinya.

Kesimpulannya, kebiasaan membacakan buku untuk janin menawarkan manfaat untuk perkembangan janin itu sendiri. Jadi, bacakanlah buah hati Anda buku apapun yang sekiranya menarik dengan suara jelas dan keras selama masa kehamilan.

3. Menyentuh dan memijat

Metode stimulasi berikutnya yang bisa Moms praktikkan untuk merangsang perkembangan sekaligus menenangkan janin di dalam kandungan adalah stimulasi rabaan.

Perlu Anda ketahui bahwa janin sudah bisa merasakan gerakan di luar rahim pada usia kehamilan 26 minggu. Oleh sebab itu, cobalah untuk menyentuh, memijat, membelai, menepuk, atau mengusap perut Anda secara lembut guna memberikan stimulasi kepada janin.

Saat Anda menerapkan metode stimulasi ini, janin akan meresponsnya dengan menyentuh dinding rahim, mengubah posisi, serta menendang atau mendorong tubuhnya ke belakang.

4. Berolahraga

Berolahraga secara teratur selama hamil tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan janin tetapi juga mampu menstimulasi perkembangannya.

Sebuah studi dari University of Montreal Kanada menemukan bahwa ibu hamil yang berolahraga setidaknya selama 20 menit sehari sebanyak 3 kali dalam seminggu melahirkan bayi dengan tingkat aktivitas otak yang lebih tinggi. Jadi, rutin berolahraga selama masa kehamilan akan sekaligus merangsang perkembangan otak janin.

Adapun jenis olahraga yang bisa Moms pilih antara lain berjalan, berenang, aerobik ringan, dan bersepeda statis.

5. Mengajak bicara

Stimulasi perkembangan janin ini bisa Anda lakukan sendiri maupun bersama pasangan. Konsep dari metode stimulasi ini tidak jauh berbeda dengan membacakan buku untuk janin di dalam kandungan.

Tatkala Moms mengajak janin berbicara, ia akan menerima rangsangan tersebut dan memberikan respons.

Selain bisa meningkatkan perkembangannya, mengajak janin Anda berbicara juga dapat menguatkan jalinan batin sekaligus membuat Anda merasa tenang dan jauh dari kecemasan.

Itulah 5 cara menstimulasi perkembangan janin di dalam kandungan yang patut Anda terapkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News