Santai

Begini Cara Menyimpan dan Membagikan Percakapan ChatGPT Secara Langsung dari Aplikasi

Begini Cara Menyimpan dan Membagikan Percakapan ChatGPT Secara Langsung dari Aplikasi

MOMSMONEY.ID - ChatGPT menjadi aplikasi yang menggemparkan dunia dengan kemampuan menghasilkan teks. Pengguna ChatGPT dapat menyimpan percakapan ChatGPT secara langsung. Namun, tahukah Anda cara membagikan percakapan ChatGPT? 

Ada cara menyimpan dan membagikan percakapan ChatGPT tanpa aplikasi tambahan. Artinya, cara ini dapat memudahkan Anda untuk mengunduh dan membagikan percakapan Anda di ChatGPT. 

Sebelumnya, banyak pengguna yang menggunakan tangkapan layar untuk membagikan percakapan ChatGPt. Namun, kini Anda tidak perlu menggunakan cara tersebut. 

Baca Juga: Gagal Login ChatGPT? Begini Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Akun ChatGPT

Ada cara menyimpan dan membagikan percakapan ChatGPT secara langsung dari aplikasi. 

Sebelum mengetahui cara ekspor percakapan ChatGPT, pertama yang harus dipahami adalah pengguna dapat menyimpan percakapan ChatGPT di aplikasi. 

Semua percakapan ChatGPT terbaru disimpan di sidebar kiri. Cukup pilih percakapan untuk melanjutkannya.

Pertanyaan pertama yang Anda tanyakan dalam percakapan akan menjadi nama percakapan. 

Namun, jika Anda dapat dengan mudah mengubahnya. Pilih percakapan dan klik ikon pensil (tombol edit) untuk memberi nama baru. Kemudian, klik tanda centang untuk menyimpannya.

ChatGPT

Lalu, bagaimana cara ekspor percakapan ChatGPT? Berikut ini penjelasannya. 

Baca Juga: Cara Hapus Akun ChatGPT Beserta Riwayat Obrolan biar Terhindar dari Hacker

Cara ekspor percakapan ChatGPT 

Sebagian besar pengguna menyalin percakapan atau mengambil tangkapan layar tergantung pada apa yang ingin mereka lakukan.

Menyalin teks berguna jika Anda ingin menyimpannya di aplikasi catatan dan mengambil tangkapan layar lebih mudah kalau ingin mem-posting di aplikasi media sosial seperti Twitter.

Kini, Anda bisa menggunakan ShareGPT yang merupakan ekstensi browser. Berikut caranya:

1. Pasang ekstensi Chrome seperti yang Anda lakukan dengan mengeklik tombol Tambahkan ke Chrome. 

2. Sekarang klik ikon ekstensi di bilah alat dan masuk menggunakan akun Google atau Twitter Anda. Ikuti petunjuk di layar untuk proses masuk.

3. Sekarang muat ulang halaman percakapan ChatGPT dan Anda akan melihat tombol Bagikan tepat di sebelah Buat kembali respons di bagian bawah percakapan. Klik itu untuk membuat tautan yang dapat dibagikan ke percakapan ChatGPT.

4. Tab baru akan terbuka. Cukup klik tombol Salin di bagian bawah untuk menyalin tautan yang dapat dibagikan ke percakapan ChatGPT. Di sebelahnya, Anda juga dapat melihat berapa banyak orang yang telah melihat atau mem-bookmark percakapan ChatGPT. Baik untuk influencer dan pemasar media sosial.

Baca Juga: Begini Cara Cek Tulisan Buatan ChatGPT, Ikuti 3 Metode Mudah Ini

5. Pengguna juga dapat mengomentari percakapan ChatGPT yang dibagikan menggunakan fitur komentar. Klik ikon komentar di sebelah kanan.

6. Sebuah jendela akan terbuka dari sisi kanan layar. Ketik komentar Anda dan klik tombol Kirim. 

ShareGPT membuatnya sangat mudah dan nyaman untuk berbagi dan mengekspor percakapan ChatGPT hanya dengan beberapa klik. 

Anda dapat menyimpan informasi atau pengetahuan penting untuk penelitian dan pembacaan selanjutnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membuat ulang percakapan lagi.

Cara hapus riwayat obrolan ChatGPT

1. Buka chat.openai.com untuk membuka ChatGPT. Sekarang di bilah sisi kiri, Anda seharusnya dapat mengakses semua percakapan Anda sebelumnya dengan ChatGPT. Gulir ke bawah dan klik percakapan yang ingin Anda hapus.

2. Sekarang pilih percakapan untuk membukanya lalu arahkan kursor ke percakapan itu di sidebar. ChatGPT akan menampilkan opsi untuk mengedit nama percakapan atau menghapusnya. Klik ikon tempat sampah untuk menghapus percakapan itu.

3. Kemudian klik ikon tanda centang untuk mengonfirmasi penghapusan. Anda dapat menghapus seluruh percakapan, tetapi untuk saat ini, tidak ada opsi untuk menghapus pesan tertentu dalam obrolan. 

Namun, ada tombol edit yang bisa Anda gunakan untuk mengedit pesan. Ingat, setelah Anda mengedit pesan, ChatGPT akan menghapus semua pesan di bawah ini dalam percakapan dan membalas pesan/pertanyaan yang telah diedit tersebut. 

Baca Juga: 7 Cara Menggunakan ChatGPT untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Cara hapus semua obrolan ChatGPT

1. Buka chat.openai.com untuk membuka ChatGPT. Sekarang di pojok kanan bawah, klik tombol Hapus Percakapan.

2. Kemudian klik opsi Konfirmasi percakapan yang jelas untuk menghapus semua Percakapan ChatGPT.

Nah, itulah cara menyimpan dan membagikan percakapan ChatGPT secara langsung dari aplikasi. Selamat mencoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News