HOME, Keluarga

Begini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah yang Ampuh

Begini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah yang Ampuh

MOMSMONEY.ID - Mengusir kecoa dari rumah merupakan salah satu permasalahan dalam kebersihan rumah yang dihadapi banyak orang.

Namun, bukan berarti kecoa mustahil disingkirkan dari rumah. Ada langkah-langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengusir kecoa dari rumah.

Dilansir dari antipesto.com dan smithspestmanagement.com, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengusir kecoa dari rumah. Yuk, simak di bawah!

Baca Juga: Sedang Cari Cara Mengusir Tikus di Rumah? Baca di Sini

Bersihkan rumah secara menyeluruh

Kecoa identik dengan tempat yang kotor. Oleh karena itu, masuk akal jika langkah yang paling mudah dilakukan untuk mengusir kecoa adalah membersihkan rumah secara menyeluruh.

Ada banyak cara untuk membersihkan rumah, seperti mencuci piring dengan segera dan menyimpan makanan sisa di tempat tertutup supaya tidak mengundang kecoa untuk datang.

Anda juga bisa mengosongkan tempat sampah secara teratur, apalagi jika sampah tersebut berupa sampah basah dan makanan yang berpotensi mengundang kecoa.

Tutup celah atau lubang di rumah

Setelah membersihkan rumah, tutup akses masuk kecoa ke dalam rumah dengan cara menutup semua celah atau lubang yang ada di rumah.

Celah atau lubang tersebut misalnya celah pintu, jendela, ventilasi, pipa, atap, dan masih banyak lagi.

Anda bisa menggunakan kawat besi, pelat besi, kawat wol, atau busa untuk menutup celah dan lubang tersebut.

Baca Juga: Promo WIB Tokopedia Hari Ini 26 Juli 2021, Elektronik Rumah Diskon Hingga 90%!

Pasang jebakan dan umpan

Selanjutnya, Anda bisa memasang jebakan dan umpan untuk memerangkap kecoa yang ada di rumah. Jebakan yang ada di pasaran biasanya sudah memiliki umpan tertentu untuk memancing kecoa, sehingga Anda tinggal menggunakan saja.

Alternatifnya, Anda bisa membuat sendiri umpan dengan cara mencampurkan boraks, tepung, dan makanan manis seperti gula dengan perbandingan sama yang dibentuk seperti bola. Umpan-umpan ini kemudian disebarkan ke sekeliling rumah yang rawan dilewati kecoa. Kecoa tersebut akan memakan umpannya, kemudian mati karena boraks.

Namun, jika di rumah ada anak kecil atau hewan peliharaan, penggunaan umpan tersebut tidak disarankan karena dapat membahayakan mereka.

Gunakan cairan pembasmi hama

Terakhir, Anda bisa menggunakan pestisida atau cairan pembasmi hama. Selain praktis digunakan, cara ini dianggap efektif untuk mengusir dan membunuh kecoa dalam jangka waktu panjang.

Namun, sama seperti di atas, penggunaan pestisida tidak disarankan jika di rumah terdapat anak kecil atau hewan peliharaan. Pasalnya, kandungan dalam pestisida bisa berbahaya jika tidak sengaja tertelan mereka.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat seperti minyak peppermint, lemon, bubuk kopi, dan remasan daun salam. Tinggal sebarkan bahan-bahan tersebut ke tempat yang rawan kecoa untuk mengusir mereka.

Itu tadi langkah-langkah mudah untuk mengusir kecoa dari rumah. Bagaimana, siap mempraktekkannya? Selamat mencoba!

Selanjutnya: Mesin Cuci Top Loading vs Front Loading, Pilih Mana? Berikut Perbandingannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News