Keluarga

Begini Cara Menghemat Air Saat Menggunakan Mesin Cuci

Begini Cara Menghemat Air Saat Menggunakan Mesin Cuci

MOMSMONEY.ID -  Jika Anda membayar bulanan untuk mendapatkan air bersih di rumah, menghemat air saat mencuci menggunakan mesin cuci adalah langkah yang bagus bagi bumi dan dompet Anda. 

Pernahkah Anda menyadari saat mencuci dengan mesin cuci begitu banyak air yang Anda gunakan? Begitu banyak pula pada akhirnya air kotor yang Anda buang.

Dengan mengurangi penggunaan air saat mencuci, Anda juga membantu bumi menjaga elemen berharga ini dan memastikan semua orang bisa mendapatkan air bersih. Menghemat air juga berarti Anda mengurangi pencemaran air. Semakin banyak air yang kita gunakan semakin banyak air kotor yang dihasilkan. 

Baca Juga: Sebelum Coba Retinol, Ketahui Dulu 5 Aturan Pemakaian Retinol yang Tepat Berikut Ini

Ini cara menghemat air saat menggunakan mesin cuci

1. Cuci hanya saat mesin cuci terisi penuh

Pastikan Anda menjalankan mesin cuci saat terisi penuh dengan kain kotor. Mesin cuci menggunakan banyak air untuk setiap kali mencuci, sehingga mengurangi frekuensi mencuci dengan memenuhi mesin cuci untuk satu kali mencuci akan sangat menghemat air.

2. Pilih mesin cuci yang hemat air dan energi

Meskipun mesin cuci yang menawarkan hemat energi dan air akan terasa mahal di awal, investasi pada mesin ini akan sangat menghemat airm waktu dan uang untuk waktu yang panjang. Mesin cuci dengan teknologi terbaru biasanya didesain lebih hemat air dibandingkan mesin cuci keluaran lama. Ini karena mesin dengan teknologi baru ini memiliki fitur sensor air dan siklus mencuci dengan air sedikit. 

3. Pilih pengaturan yang sesuai dengan cucian Anda

Gunakan pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan cucian Anda. Pastikan jumlah cucian Anda, misalkan cucian Anda sedikit gunakan pengaturan paling rendah. 

4. Gunakan detergen dengan tepat
Sebelum mencuci, Anda juga perlu memberikan detergen dengan rasio yang sesuai. Jika Anda memberikan detergen terlalu banyak maka semakin banyak air yang Anda gunakan. 

Di sisi lain, jika detergen yang digunakan terlalu sedikit, pakaian Anda tidak benar-benar bersih dan Anda harus mencuci ulang yang justru semakin banyak menggunakan air. Anda juga bisa menggunakan detergen yang efisien, yang menawarkan dengan jumlah penggunaan sedikit bisa menghasilkan tingkat kebersihan yang sama.

5. Bersihkan noda membekas tersendiri

Jika pakaian Anda memiliki noda bandel, Anda bisa mencucinya secara manual terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan pakaian air. Dengan cara ini Anda bisa mencuci spesifik pada area yang terkena noda sehingga tidak membutuhkan banyak air. 

6. Pertimbangkan menggunakan mesin cuci front-loading
Mesin cuci front loading menggunakan lebih sedikit air ketimbang mesin cuci top loading. Oleh karena itu, mesin cuci tipe ini adalah pilihan yang tepat untuk hemat energi dan hemat air. 
Jika Anda membeli mesin cuci front loading yang tersertifikasi, Anda bisa menghemat 45% lebih sedikit energi dan 50% lebih sedikit air. 

7. Pertimbangkan, apakah pakaian Anda perlu segera dicuci?

Sebelum memasukan baju Anda ke wadah baju kotor atau mesin cuci, pertimbangkan kembali. Apakah pakaian Anda perlu segera dicuci atau tidak? 

Untuk menghemat penggunaan air saat mencuci di mesin cuci, Anda bisa memilah lagi. Apabila baju Anda tidak langsung bersentuhan dengan kulit secara langsung, Anda bisa memakainya beberapa kali sebelum dicuci. 

Anda juga bisa memakai beberapa baju berulang kali jika hanya digunakan untuk aktivitas ringan. Selain itu Anda juga disarankan untuk tidak mencuci handuk setiap kali selesai digunakan karena handuk menghabiskan banyak ruang di mesin cuci. Sebaiknya gantung handuk di area sirkulasi udara yang baik dan pastikan jangan terlipat. Sehingga Anda bisa menggunakan handuk berulang kali sebelum mencucinya. 

Baca Juga: Jadi Lee Sa Ra di The Glory, Ini 5 Drakor Kim Hieora Lainnya

Demikian cara menghemat air saat mencuci di mesin cuci. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News