Santai

Begini Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Aktif atau Tidak, Ikuti Langkah Ini

Begini Cara Mengetahui Nomor WhatsApp Aktif atau Tidak, Ikuti Langkah Ini

MOMSMONEY.ID - WhatsApp menjadi aplikasi pesan yang digunakan oleh banyak orang. Pengguna bisa ngobrol dengan semua orang di WhatsApp. Namun, bagaimana cara mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak?

Pada umumnya, sebagian pengguna memilih mengganti nomor WhatsApp karena suatu alasan. Anda dapat mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak melalui beberapa cara. 

Di artikel ini dijelaskan mengenai cara mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak. Anda bisa mengikuti beberapa langkah mudah ini untuk mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak. 

Baca Juga: Hati-Hati! Muncul Penipuan Link SatuSehat Mobile di WA

Cara ini tentunya akan berguna apabila Anda ingin menghubungi nomor teman lama dan tidak mengetahui apakah nomor WhatsApp aktif atau tidak. 

Mengutip IT Geared, berikut cara mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak:

1. Periksa kontak WhatsApp

ilustrasi chat whatsapp

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kontak WhatsApp. Siapa pun akan muncul di daftar kontak WhatsApp Anda. 

Jadi periksa, apakah nomor yang diberikan aktif di WhatsApp. Jika nomor WhatsApp tidak aktif, Anda dapat mengundang orang tersebut. 

Kasus seperti itu berarti orang tersebut mungkin telah menghapus akun WhatsApp yang terkait dengan nomornya dan tidak lagi aktif.

Baca Juga: Begini Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor Telepon, Coba Pakai 3 Tips Ini

Berikut cara akses kontak WhatsApp:

- Buka aplikasi WhatsApp Anda.

- Di jendela utama, klik ikon pesan di bagian bawah.

- Di bawah “ Kontak di WhatsApp ”, gulir ke bawah daftar untuk menemukan nomor telepon target atau gunakan fitur pencarian untuk menemukannya.

Jika nomor tersebut terdaftar di WhatsApp, Anda akan melihat detail WhatsApp-nya dan dapat mengetuknya untuk memulai percakapan. 

Jika tidak, Anda akan menemukannya di bagian " Undang ke WhatsApp ", di mana Anda dapat menemukan kontak telepon Anda yang bukan pengguna WhatsApp.

2. Chat dan periksa terakhir dilihat 

Jika ternyata akun WhatsApp masih aktif, Anda harus konfirmasi dengan mengirimkan pesan kepadanya. 

Jadi, buka jendela percakapan akun itu dan kirim pesan. Anda mungkin melihat dua tanda centang yang berarti sedang online jika aktif.

Namun, dengan melihat tab profil mereka di bagian atas jendela percakapan, Anda dapat melihat kapan terakhir kali mereka aktif. 

Namun, jika mereka telah menyembunyikan tampilan terakhir mereka atau telah memblokir Anda di WhatsApp, Anda tidak dapat melihat apakah akun tersebut aktif.

Baca Juga: Begini Cara Menerjemahkan Pesan di WhatsApp Sebelum Dikirim

Cara mengetahui nomor WhatsApp diblokir 

1. Cek terakhir dilihat 

Jika Anda tidak dapat melihat status Online atau Last Seen dari kontak, maka Anda diblokir.

Namun, cara ini tidak bisa dipastikan. Sebab saat ini, WhatsApp telah meluncurkan fitur menyembunyikan status online. 

2. Periksa status dan foto profil 

Jika Anda tidak dapat melihat foto profil dan status kontak Anda, maka pengguna telah memblokir Anda. 

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini juga menawarkan opsi untuk menyembunyikan foto profil dari kontak tertentu. Hal yang sama berlaku untuk Status juga. Jangan khawatir, ada cara lain juga untuk mengetahuinya.

3. Kirim pesan 

Coba kirim pesan ke kontak jika tidak mendapatkan centang ganda, maka pesan Anda tidak terkirim. Jika pesan tidak terkirim bahkan setelah beberapa jam, maka kontak telah memblokir Anda.

4. Hubungi kontak 

Coba hubungi kontak. Jika status panggilan tidak berubah menjadi Berdering, maka Anda diblokir.

Baca Juga: Begini Cara Membuat NGL Link WhatsApp, Bisa Kirim Pesan Rahasia Secara Anonim

5. Buat grup WhatsApp

Coba buat grup WhatsApp dengan kontak. Jika kontak telah memblokir Anda, maka Anda tidak akan dapat menambahkan orang tersebut ke grup.

Perlu diketahui, setelah Anda memblokir pengguna, mereka tidak akan dapat melihat pembaruan status Anda, status online, dan bahkan gambar profil.

Untuk memblokir kontak apa pun, Anda hanya perlu membuka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Kontak yang diblokir > Tambahkan kontak.

Jika Anda ingin memblokir kontak yang belum disimpan atau akun lainnya, buka jendela obrolan dari kontak yang ingin Anda blokir > ketuk tiga titik untuk melihat opsi kontak > lainnya > blokir > konfirmasi.

Nah, itulah cara mengetahui nomor WhatsApp aktif atau tidak. Anda bisa mengeceknya sebelum mengirim pesan kepada teman lama yang sudah jarang berkomunikasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News