HOME, Keluarga

Begini Cara Mengetahui Kucing Betina Peliharaan Anda Sedang Hamil

Begini Cara Mengetahui Kucing Betina Peliharaan Anda Sedang Hamil

MOMSMONEY.ID - Beberapa dari Anda tentu harus siaga bila memiliki beberapa kucing jantan dan betina di rumah dan belum sempat disterilkan. Barangkali, salah satu kucing betina Anda sedang mengandung!

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui beberapa informasi yang penting tentang ini. Seekor kucing betina sebenarnya sudah bisa hamil sejak usianya menginjak 4 bulan, kecuali jika mereka telah dimandulkan untuk mencegahnya. Namun, paling baik kucing betina dikawinkan dan hamil setelah usianya menginjak 1 tahun.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Hamster Agar Tak Cepat Mati

Masa kehamilan kucing akan berjalan selama 64 hingga 66 hari. Anda dapat mempertimbangkan juga selama 63 hari atau sembilan minggu sebagai rata-rata periode kehamilan. Jadi, kucing akan berusia 6 bulan saat melahirkan bila mereka hamil di usia 4 bulan. Ini tidak masalah.

Saat kehamilan ini terjadi, Anda harus mempersiapkan perawatan yang terbaik untuk menjaga kucing dan calon anaknya. Namun, kucing tidak akan menunjukkan tanda-tanda kehamilan sampai dua atau tiga minggu. Padahal penting bagi Anda untuk segera mengetahuinya untuk merencanakan dan mempersiapkan kelahiran. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut cara mengetahui kucing betina peliharaan sedang hamil.

Perubahan Fisik pada Kucing Hamil

Salah satu yang bisa diamati adalah tanda-tanda fisik kucing yang sedang hamil. Masa awal kehamilan kucing dapat ditandai dengan perubahan siklus birahi. Kucing betina biasanya akan melawati siklus ini setiap 10 hari hingga 2 minggu. Jika tiba-tiba berhenti, kemungkinan dia sedang hamil.

Kucing juga akan mengalami sakit “morning sickness” seperti halnya manusia yang sedang mengandung. Ini tidak selalu menjadi hal yang mengkhawatirkan, tetapi jika muntah terus berlanjut, Anda perlu menghubungi dokter hewan untuk mendapatkan bantuan.

Selanjutnya, Anda dapat mengamati puting susu kucing. Kucing yang hamil akan mengalami pembengkakan putingnya dan warnanya akan menjadi cerah. Ini terjadi sekitar 2-3 minggu kehamilan.

Merasakan perut kucing terkadang berguna, tetapi tidak selalu akurat. Namun, Anda dapat melihat apakah berat badannya akan bertambah sekitar 2-4 pon selama waktu kehamilan. Kondisi fisik perut ini akan berubah membesar sekitar minggu kelima kehamilan. Itu akan terus membesar sampai waktu melahirkan.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Keras Tanpa Henti

Perubahan Kepribadian pada Kucing yang Hamil

Perubahan karakter dan suasana hati juga merupakan indikasi kucing sedang hamil. Pertama adalah kucing Anda akan menjadi lebih penyayang dari biasanya dan sering mencari perhatian Anda. Dia akan selalu mendekati Anda dan bermanja di pangkuan Anda. Berikan kenyamanan untuknya saat-saat ini. Dengan begitu, dia akan merasa senang.

Kucing yang sedang hamil juga akan lebih banyak tidur daripada biasanya dalam sehari. Ini hal yang normal, sehingga Anda tak perlu khawatir. Mereka mungkin juga akan mengalami peningkatan nafsu makan sebanyak 1,5 kali lipat dari makanan normal mereka. Bagaimana pun mereka membutuhkan makanan yang lebih untuk memberikan nutrisi kepada janin-janinnya.

Pemeriksaan Kehamilan dengan Dokter Hewan

Jika Anda sudah mendapatkan tanda-tanda kehamilan ini dengan jelas, Anda mungkin tak perlu mendapatkan diagnosis resmi dari dokter hewan. Namun, demi memastikan kondisinya, Anda perlu memeriksakan kehamilan si kucing ke dokter hewan.

Palpasi Perut Kucing: Di sini, dokter hewan Anda mungkin akan merasakan janin kucing yang sedang hamil dengan meraba dan menekan perutnya dengan lembut. Ini biasanya dilakukan sekitar hari ke-17 hingga ke-25 kehamilan.

Ultrasonografi Perut Kucing: Ultrasonografi dapat mendeteksi janin pada minggu kedua kehamilan dan detak jantung dapat dideteksi beberapa saat setelah minggu ketiga.

Radiografi (sinar-X): Dokter hewan Anda dapat mengambil radiografi perut kucing Anda saat usia kandungannya sudah semakin lama untuk menentukan jumlah anak kucing yang dikandungnya. Ini adalah radiasi dalam jumlah kecil yang tidak berbahaya bagi anak kucing atau induknya. Anak kucing akan mulai terlihat pada rontgen setelah 42 hari masa kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News