Keluarga

Begini Cara Mengembalikan Kelembutan Handuk Lama Anda

Begini Cara Mengembalikan Kelembutan Handuk Lama Anda

MOMSMONEY.ID - Apakah handuk lama yang kasar bisa kembali menjadi lembut? Yuk simak penjelasan dan caranya!

Handuk adalah salah satu benda yang paling sering digunakan. Oleh karena itu handuk juga jadi benda yang sangat sering dicuci. Sehingga tidak heran apabila handuk Anda jadi kasar. Namun dengan cara mengembalikan kelembutan handuk lama di bawah ini menurut para ahli. 

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Coba Konsumsi 5 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Melansir Woman and Home, seiring berjalannya waktu handuk bisa kehilangan kelembutannya karena berbagai faktor. Termasuk  karena sering digunakan atau karena siklus mesin cuci dan mesin pengering yang membuat handuk kaku dan kasar. Maka simak cara mengembalikan kelembutan handuk lama di bawah ini yuk!

Pastikan Anda mencuci handuk dengan tepat
Cara mengembalikan kelembutan handuk lama adalah memperbaiki cara Anda mencuci handuk. Pertama, cuci handuk hanya dengan handuk bukan dengan kain lainnya untuk memperpanjang ketahanan handuk Anda.

Kedua, jangan gunakan terlalu banyak detergen. Penggunaan detergen yang terlalu banyak dapat menyumbat mesin dan handuk Anda. Detergen yang berlebihan juga bia membuat handuk putih berubah menjadi abu-abu. 

Ketiga, jangan terlalu memenuhi tabung mesin cuci. Jika Anda meletakan terlalu banyak isian, maka handuk akan menggumpal. Ini akan membuat handuk terasa kaku dan sedikit kasar saat Anda menggunakannya kembali. 

Sebaiknya cuci handuk dengan jumlah isi tabung sedikit hingga menengah. Ini membuat handuk lebih bersih dan mudah dibilas hingga menciptakan perasaan lembut. 

Keempat, hindari menggunakan suhu panas. Handuk yang terbuat dari katun terbuat dari serat alami yang mudah rusak di kondisi ekstrem. Inilah yang membuat handuk lama Anda terasa kaku. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan air yang terlalu panas. 

Cuci tanpa menggunakan produk pelembut pakaian
Mungkin Anda selama ini berpikir produk pelembut pakaian bisa mengembalikan kelembutan handuk lama Anda. Namun sayangnya, produk ini malah memberikan hasil yang sebaliknya. 

Hal ini disebabkan oleh katun yang merupakan serat bermuatan negatif. Sedangkan pelembut terbuat dari kondisioner yang berisi muatan positif. Jika keduanya bertemu, mereka akan saling menarik sehingga serat handuk jadi lebih mudah kaku dan kasar. 

Baca Juga: 9 Cara Tidur dengan Cepat dan Nyenyak, Mulai Kurangi Lihat Layar Perangkat

Bersihkan sisa detergen
Jika Anda masih menemukan sisa detergen di handuk Anda setelah dicuci segera bersihkan. Jika tidak ini akan membuat handuk terasa kaku. 

Salah satu cara membersihkan sisa detergen dan melembutkan lagi handuk yang kasar adalah menggunakan cuka. Cuka memiliki mineral yang bisa membuat handuk kaku jadi lebih mudah terurai. Cuka juga membuat handuk lebih mudah menyerap. 

Cara menggunakan cuka adalah, cuci seperti biasa handuk Anda menggunakan detergen kemudian bilas. Nah di putaran kedua, tambahkan satu cup cuka putih. Lakukan cara ini setiap 6 minggu sekali. 

Demikian cara mengembalikan kelembutan handuk lama Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News