Santai

Begini Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut

Begini Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, Lakukan Pertolongan Pertama Berikut

MOMSMONEY.ID - Jika Anda baru saja menumpahkan air ke laptop, Anda harus segera mengambil tindakan. Cara mengatasi laptop terkena air sangat mudah. 

Artikel ini menyajikan cara mengatasi laptop terkena air dengan mudah. Laptop yang terkena air akan membuat laptop Anda cepat rusak. 

Anda perlu mematikan laptop untuk tindakan awal. Selain itu, mengatasi laptop terkena air tidak bisa sembarangan karena berpotensi rusak permanen. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi laptop terkena air. Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali yaitu menekan tombol daya hingga laptop mati. 

Baca Juga: Harga HP Oppo Lipat Terbaru 2022, Intip Spesifikasi Oppo Find N2 Flip

Mengutip Digital Trends, berikut 4 cara mengatasi laptop terkena air :

Cara Mengatasi Laptop Terkena Air 

1. Dalam Keadaan Basah 

Berikut adalah beberapa langkah cepat :

- Lepas semua komponen yang mudah dilepas. Cabut mouse dan kabel apa pun, dan lepaskan semua flash drive dan DVD. Biarkan laptop Anda kosong.

- Keringkan bagian luar mesin Anda. Buka laptop Anda sejauh mungkin, pegang terbalik agar cairan yang terkumpul keluar, dan gunakan handuk penyerap atau kain penyerap bebas serat untuk menyeka permukaan basah sampai kering. 

Jangan mencoba mengeringkan komputer dengan udara panas paksa dari senapan panas atau pengering rambut.

- Manfaatkan kartu garansi jika masih berlaku atau bawa laptop ke tempat servis. Jika merek Anda memiliki toko reparasi yang ditunjuk (seperti Apple), hubungi mereka

Jika tidak, cari toko reparasi lokal yang berspesialisasi dalam merek laptop Anda.

2. Matikan Laptop 

Dalam beberapa detik pertama setelah tumpahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan komputer.

Untuk hampir semua laptop, cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan menekan dan menahan tombol daya selama enam hingga 10 detik hingga Anda mematikannya secara paksa.

Setelah laptop dimatikan, segera cabut dari adaptor AC atau stopkontak.

3. Cabut semua aksesori

Setelah kebutuhan yang paling mendesak untuk mematikan dan mencabut laptop telah terpenuhi, lanjutkan dengan mengisolasi laptop dari aksesori apa pun.

Baca Juga: 5 Cara Melacak Laptop Hilang, Bisa Pakai Find My Device hingga Gmail

Hapus semua yang terhubung ke laptop, termasuk kabel USB dan perangkat seperti flash drive yang mungkin terhubung ke port USB.

4. Keringkan Laptop 

Gunakan kain penyerap untuk mengeringkan laptop atau handuk kertas untuk menyerap cairan, tetapi untuk bagian yang lebih kecil dan untuk celah dan celah, gunakan penyeka kapas.

Jika Anda membuang jenis cairan lain seperti soda, kopi, atau teh, penting untuk menghilangkan residu konduktif yang mungkin tertinggal saat cairan menguap.

Baca Juga: Sederet Cara Convert YouTube ke MP3 di HP Tanpa Aplikasi

Jangan pernah menuangkan atau menyemprotkan alkohol langsung ke komponen. Anda juga harus membuka laptop menjadi bentuk "V" yang lebar dan meletakkannya terbalik di atas permukaan yang rata. 

Hal tersebut agar cairan apa pun yang merembes ke dalam mesin dapat mengalir keluar melalui keyboard, ventilasi, dan jahitan di casing.

Lanjutkan mengeringkan permukaan laptop Anda saat cairan muncul.

Cara Mengatasi Laptop Hang Freeze

  • Pindai Virus

Cobalah untuk memindai virus menggunakan scan anti virus yang ada di laptop. Untuk laptop dengan sistem operasi windows umumnya terdapat pada windoes security.

Nantinya di sana terdapat fitur scan file untuk memudahkan kamu mencari file yang berbhaya sehingga membuat laptop hang atau freeze.

  • Update Windows

Solusi lain untuk mengatasi laptop hang atau freeze yaitu dengan cara memperbarui atau update windows. Cara ini dilakukan apabila terjadi eror pada windows atau driver.

Sebab, umumnya update windows akan otomatis memperbarui driver jika terjadi update. Selain itu windows update juga akan memberikan fitur terbaru, perbaikan bugs dari versi sebelumnya, peningkatan performa, stabilitas dan keamanan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10, Ketahui Penyebabnya

  • Refresh VGA

Solusi ini disebut ampuh untuk mengatasi masalah laptop hang atau freeze. Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa harus membutuhkan waktu yang lama. Kamu bisa melakukan refresh VGA Card.

Untuk melakukan refresh VGA Card, kamu cukup menekan Windows + CTRL + Shift + B pada keyboard laptop. Setelah itu, masalah laptop hang atau freeze akan teratasi dengan cepat dan mudah. Layar laptop akan berkedip lalu  dapat dioperasikan secara normal.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi laptop terkena air. Anda perlu melakukan pertolongan pertama pada laptop yang basah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News