HOME, Keluarga

Begini Cara Mengatasi Kerontokan Bulu pada Hewan Hamster

Begini Cara Mengatasi Kerontokan Bulu pada Hewan Hamster

MOMSMONEY.ID - Hewan mungil seperti hamster dapat mengalami kerontokan bulu. Ini bukan hal yang selalu wajar, sehingga Anda harus menemukan penyebabnya. Beberapa kemungkinan penyebab kerontokan bulu hamster karena didasari masalah kesehatan.

Setelah Anda menemukan penyebabnya, saatnya mengatasi dan merawat kerontokan bulu hamster.  Dilansir dari Wikihow, berikut beberapa cara mengatasinya.

Mengecek kondisi kesehatannya

Ada banyak kondisi medis dan lingkungan yang dapat menyebabkan kerontokan bulu hamster. Maka, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengunjungi dokter hewan.

Untuk mendiagnosis penyebabnya, dokter akan menguji kulit dan rambutnya. Dokter hewan mungkin juga akan mengecek kondisi kesehatan hamster lainnya yang memungkinkan menyebabkan kerontokan. Bila ternyata hamster Anda menderita suatu penyakit, hamster akan langsung bisa ditangani.

Baca Juga: Bisakah Hamster Makan Kacang-Kacangan? Simak Jawabannya!

Mengatasi penyebab kerontokan 

Baik tungau, jamur, dan alergi adalah penyebab kerontokan bulu. Anda dapat mengatasinya dengan berbagai produk losion, sampo, atau krim khusus hewan hamster untuk mengobatinya.

Proses penggunaannya tentu bervariasi bergantung pada resep yang diberikan oleh dokter hewan. Anda mungkin juga dapat menggunakan ivermectin, bila hamster menderita kudis.

Memisahkan kandang hamster  

Perkelahian antar hamster di dalam kandang mungkin jarang terjadi. Namun, bila terjadi, perkelahian ini dapat menyebabkan kerontokan bulu. Maka, memisahkan hamster yang berkelahi akan mencegah dampak kerontokannya. Selain itu, hamster juga tidak menjadi stres karena berkelahi.

Baca Juga: Ketahui Lebih Banyak Tentang Virus Distemper yang Menginfeksi Anjing Peliharaan

Memenuhi kebutuhan nutrisi

Kekurangan nutrisi atau pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerontokan bulu dalam jangka panjang. Bila ini terjadi, Anda perlu mengubah pola makannya dan mengganti asupan makanan yang lebih bergizi.

Anda dapat meningkatkan kebutuhan protein dan zat besi untuk kesehatan bulu, serta kulitnya. Makanan seperti keju, sereal tanpa pemanis, gandum, sayuran, dan buah-buahan diketahui bermanfaat untuk mengobati kerontokan bulu hamster.

Pemberian suplemen dan vitamin

Jika Anda telah memberi hamster makanan bernutrisi seimbang, tetapi kerontokan bulunya terus berlanjut, maka memberinya tambahan vitamin dan suplemen dapat membantu.

Cara terbaik untuk memberikannya adalah dengan menggunakan pipet tetes multivitamin. Selain vitamin dan suplemen, juga dapat memberikan setetes minyak ikan cod untuk mencegah kerontokan bulu berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News