HOME, AturUang

Begini Cara Menekan 3 Pos Pengeluaran Rutin Jika Memiliki Mobil

Begini Cara Menekan 3 Pos Pengeluaran Rutin Jika Memiliki Mobil

MOMSMONEY.ID -Jika memang secara ekonomi Anda sudah merasa mampu memiliki kendaraan, baik roda empat maupun roda dua, tidak ada salahnya Anda membeli kendaraan dengan model yang sesuai keinginan. Namun, yang patut diperhatikan adalah konsekuensi memiliki mobil tersebut. 

Setidaknya, ada tiga pos pengeluaran pasti yang menjadi konsekuensi Anda akibat memiliki mobil.

Pertama, biaya operasional. Ingat, jika punya kendaraan, tentu akan ada biaya operasional yang harus Anda bayar. Mobil atau sepeda motor butuh bahan bakar yang harus Anda isi 1 hari sampai 2 hari sekali. 

Belum lagi kalau Anda datang ke pusat perbelanjaan, tentu ada biaya parkir yang hitungannya per jam. Atau, jika mengunjungi lokasi wisata, Anda juga akan dipungut bayaran. 

"Jadi, semua itu meliputi biaya sehari-hari dalam penggunaan kendaraan," kata Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan. 

Kedua, biaya perawatan rutin. Jika memiliki kendaraan, Anda juga harus siap untuk merawat mobil itu. Anda perlu mengganti rutin suku cadang tertentu dan oli setiap mobil Anda sudah berjalan beberapa ratus atau ribu kilometer. 

Baca Juga: Mau Memulai Usaha Lewat Online atau Offline? Simak Dulu Tips Ini

Selain bisa menghemat pembelian onderdil, kendaraan juga jadi lebih irit BBM. Bentuk perawatan lainnya adalah mencuci kendaraan setiap 1 hari sampai 2 hari sekali. 

Jika Anda malas mencuci sendiri, otomatis Anda harus mengeluarkan biaya untuk jasa pencucian kendaraan,? kata Rakhmi. Nah, semua biaya perawatan itu, tentu akan memperbesar pengeluaran bulanan Anda. 

Ketiga, biaya perbaikan. Dalam banyak kasus, tidak sedikit orang yang memiliki kendaraan hanya bisa menggunakan, tanpa bisa memperbaiki sendiri. 

Persoalannya, kadang ketidaktahuan kita dalam merawat kendaraan bisa membuat kendaraan cepat rusak dan harus dibetulkan. Karenanya, Anda harus bisa merawat sendiri.

Selanjutnya: Kiat Berhemat Bahan Bakar Kendaraan agar Kocek Tidak Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News