Keluarga

Begini Cara Mendesain Rumah Demi Umur yang Panjang

Begini Cara Mendesain Rumah Demi Umur yang Panjang

MOMSMONEY.ID - Ternyata cara mendesain rumah bisa mempengaruhi umur penghuninya lo! Simak cara mendesain rumah demi umur yang panjang.

Melansir Well and Good ternyata kunci dari hidup sehat dengan umur panjang bukan dengan melakukan diet ketat atau olahraga berlebihan. Justru kunci dari hidup sehat dan memiliki umur panjang adalah hidup di lingkungan yang mendukung Anda memiliki pola hidup yang lebih sehat.

Salah satu peran penting supaya bisa hidup lebih sehat adalah bagaimana Anda menata rumah. Desain rumah secara tidak langsung dan mungkin tidak Anda sadari memengaruhi keputusan soal gaya hidup yang Anda buat setiap hari, seperti apa yang harus di makan dan kapan harus bergerak.

Lalu bagaimana cara mendesain rumah supaya memiliki umur yang lebih panjang?

Begini cara mendesain rumah demi umur yang panjang

Letakan TV di ruangan yang jauh dari dapur

Cara mendesain rumah demi umur yang panjang yaitu dengan meletakan TV jauh dari dapur. Suatu penelitian menjelaskan orang yang memiliki ruang TV dekat dengan dapur cenderung akan makan hingga kekenyangan sambil menonton TV. 

Namun, jika Anda harus berjalan beberapa langkah untuk ke dapur, ini akan membangun kebiasaan yang lebih sehat. Ini akan membuat Anda beraktivitas fisik dan mengurangi minat ngemil saat menonton TV. 

Baca Juga: Bisa Mengatasi Jerawat, Kenali Sederet Manfaat Clay Mask untuk Kulit Wajah

Meletakan rak sepatu di dekat pintu masuk

Cara membuat desain rumah yang bisa membuat umur panjang selanjutnya adalah meletakan rak sepatu di dekat pintu masuk. Ini akan membuat Anda selalu melepas alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. 

Sebab, sepatu atau sandal yang Anda pakai hingga ke dalam rumah membawa banyak bakteri. Anda bisa sakit karenanya. 

Makan dengan keluarga atau pasangan/teman Anda sebisa mungkin

Membagi makanan dengan orang lain membuat Anda lebih bijak saat makan. Ini membuat Anda makan dengan lebih pelan dan lebih cepat menyadari adanya sinyal kenyang. 

Nah salah satu cara untuk membangun ikatan dengan keluarga dan teman adalah duduk di meja makan bersama. Maka tak ada salahnya untuk menciptakan ruang khusus untuk Anda membangun kebiasaan makan bersama. 

Menanam tanaman herbal

Jika memiliki halaman di rumah, gunakan halaman untuk membuat sebuah kebun yang berisi tanaman herbal.

Selain tanaman herbal bisa menjadi obat pertolongan pertama, kegiatan berkebun mendorong Anda untuk memiliki aktivitas di luar ruangan saat udara masih segar. 

Bawa elemen luar ruangan ke dalam rumah

Untuk meniru keindahan alam di lua rumah, tak ada salahnya mendekorasi rumah dengan elemen-elemen tersebut. Sebab memiliki pemandangan alami di dalam rumah bisa mengurangi stres. 

Desain rumah dengan furnitur rendah dan karpet

Di Amerika, banyak lansia yang masuk ke rumah sakit karena terjatuh. Namun berapapun usia Anda, menggabungkan sofa rendah di rumah adalah salah satu cara mengurangi risiko terjatuh. 

Di Jepang, mereka bahkan membuat kebiasaan untuk duduk di lantai. Ini artinya Anda bisa duduk dan berdiri hingga 20-30 kali per hari yang sama dengan gerakan squat yang bagus untuk keseimbangan, fleksibilitas dan memperkuat bagian bawah tubuh. 

Baca Juga: Meneropong Arah Pasar Jelang Pemilu 2024, Ini Rekomendasi Investasi Reksadana Saham

Tambahkan pengamanan ekstra di kamar mandi

Sering terpapar air membuat lantai kamar mandi mudah licin dan merupakan area tertinggi yang menyebabkan terpeleset dan jatuh di rumah. 

Untuk mencegah risiko ini Anda bisa membuat pengamanan ekstra di kamar mandi. Mulai dengan menggunakan lantai anti licin hingga menambahkan gagang pegangan di setiap sisi dinding.

Buat kamar tidur yang nyaman dan tenang

Menciptakan kamar tidur yang kondusif untuk tidur sebisa mungkin. Tidur yang nyenyak bisa memberikan manfaat yang membuat umur lebih panjang seperti meningkatkan kesehatan jantung meningkatkan kemampuan kognitif. 

Buat rumah Anda nyaman bagi para tamu

Sama seperti makan bersama anggota keluarga, bersosialisasi dengan tetangga dan teman juga bisa memperpanjang usia Anda. Sehingga tak ada salahnya memberikan ruang tamu yang nyaman bagi mereka saat berkunjung.

Demikian cara mendesain rumah demi umur yang panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News