Bugar

Begini Cara Mencegah Pikun di Usia Muda

Begini Cara Mencegah Pikun di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Pikun sudah bukan identik dengan usia lanjut saja, karena kondisi ini juga rentan terjadi pada usia muda dan produktif. 

Pastinya, Anda harus tahu bagaimana cara mencegah pikun yang terjadi lebih cepat ini agar tidak menggangu masa produktif di usia muda dan juga memengaruhi kesehatan lainnya.

Meski pikun menjadi hal mungkin tidak dapat dihindari, tapi Anda bisa mencegahnya terjadi lebih cepat dengan melakukan beberapa hal ini. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Ini Dia Cara Mengatasi Mata Minus secara Alami

Seperti yang dirangkum dari Medline Plus dan Stanford Health Care, inilah beberapa tips mencegah pikun di usia muda yang bisa Anda lakukan, antar lain:  

Mengonsumsi makanan sehat

Tips mencegah pikun di usia muda yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat bisa juga membantu untuk mengurangi risiko pikun.

Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, telur, susu sapi, dan susu kedelai pada menu asupan harian.

Bermain alat musik 

Mencegah pikun di usia muda juga bisa dilakukan dengan belajar bermain alat musik. Kegiatan ini bisa membuat otak berpikir, apalagi jika kegiatan ini adalah hal baru bagi Anda.

Ternyata, otak yang dilatih pada hal-hal baru dan kompleks seperti membaca not balok atau tangga nada secara rutin dan dalam jangka waktu tertentu, mencegah penuaan fungsi otak.

Membaca buku

Tips mencegah pikun di usia muda yang ketiga adalah rajin membaca buku. Melalui membaca otak akan terus bekerja aktif dalam memproses semua informasi baru yang Anda dapatkan. 

Kegiatan ini juga dapat mencegah pikun, terlebih jika Anda melakukannya secara rutin atau menjadikannya kebiasaan.

Baca Juga: Rekomendasi Menu Sarapan Sehat dan Enak untuk Program Diet

Bersosialisasi

Beberapa masalah kesehatan mental, seperti stres dan depresi dapat memengaruhi kemampuan otak dalam mengingat. Sebab, keduanya juga mengarah pada terjadinya demensia.

Guna mencegah terjadinya hal tersebut, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Dengan begitu, Anda tidak merasa sendirian dan tetap dapat terhubung dan berkomunikasi langsung dengan orang lain. 

Permainan asah otak

Tips mencegah pikun di usia muda yang terakhir adalah melakukan permainan asah otak. Kini, banyak sekali permainan asah otak yang bisa Anda mainkan.

Permainan lainnya seperti scrabble, sudoku, dan teka-teki silang sangat membantu otak untuk tetap bekerja dengan optimal, sehingga pikun bisa dicegah. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pikun di usia muda dan lakukan secara rutin agar untuk mencegahnya lebih dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News