Keluarga

Begini Cara Menata Rumah Menurut Prinsip Vastu Shastra

Begini Cara Menata Rumah Menurut Prinsip Vastu Shastra

MOMSMONEY.ID - Vastu Shastra adalah ilmu menata rumah, sama seperti Feng Shui. Jika Anda sedang tertarik mengulik soal Vastu Shastra, berikut cara menata rumah menurut prinsip Vastu Shastra. 

Vastu Shastra diketahui adalah prinsip menata rumah yang lebih tua dibanding Feng Shui. Jika Feng Shui mengutamakan pertimbangan geografis, maka Vastu Shastra mengutamakan prinsip ilmu pengetahuan. 

Namun keduanya sama-sama berdasarkan pada kekuatan energi kosmik. Salah satu elemen utama dari praktek keduanya adalah didasari oleh kalkulasi matematika. 

Berikut cara menata rumah menurut prinsip Vastu Shastra

1. Menata pusat rumah

Berdasarkan prinsip Vastu Shastra dalam menata rumah, tujuan dari pusat rumah adalah untuk menerima kualitas energi terbaik. Oleh karena itu, bagian pusat rumah harus memiliki ruang terbuka dan halaman tengah. 

2. Menata akses masuk

Berdasarkan prinsip Vastu Shastra dalam menata rumah, Anda perlu meletakan pintu masuk utama di Utara dan Timur. Kedua arah ini dianggap arah yang paling menguntungkan. 

3. Menata dapur

Berdasarkan prinsip Vastu Shastra dapur tidak boleh diletakan di bawah atau di atas ruang pooja, kamar mandi dan kamar tidur. Anda bisa meletakan dapur di arah tenggara. Selain itu menggunakan warna hitam untuk dapur membawa kesialan. Jadi Anda sebaiknya menggunakan warna hijau, oranye, merah dan lainnya. 

4. Menata kamar tidur

Berdasarkan prinsip Vastu Shastra dalam menata kamar tidur utama, secara ideal diletakan di sudut barat daya rumah. Jangan letakkan di arah tenggara karena dikuasi oleh Agni, yang bisa menyebabkan banyak pertengkaran di antara pasangan.

Baca Juga: Apa itu Vastu Home? Mengenal Vastu dan Perbedaannya dengan Feng Shui

5. Menata kamar anak-anak
Berdasarkan prinsip Vastu Shastra dalam menata kamar tidur anak, sebaiknya diletakkan di arah timur, timur laut dan utara. Namun arah terbaik adalah arah timur sejalan dengan tempat matahari terbit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News