ads

Begini Cara Mempersiapkan Rencana Liburan Bersama Keluarga

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Senin, 25 Juli 2022 | 10:03 WIB
Begini Cara Mempersiapkan Rencana Liburan Bersama Keluarga

ILUSTRASI. Menyiapkan dana liburan sebaiknya dengan menabung. Hindari menggunakan paylater atau kartu kredit agar pulang liburan tak perlu memikirkan tagihan.


MOMSMONEY.ID - Sebagian dari Anda, boleh jadi, telah mengisi liburan sekolah anak  untuk pergi berwisata bersama sama sang buah hati. Entah itu berlibur ke tempat-tempat wisata yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. 

Ya, mengisi liburan anak memang sungguh menyenangkan. Apalagi, jika liburan itu telah direncanakan sejak jauh-jauh hari. Berbagai keperluan berlibur, tentu sudah dipersiapkan secara matang. Termasuk alokasi biayanya. 

Betul, biaya untuk liburan sebaiknya memang dialokasikan sejak jauh-jauh hari. Hal ini lebih baik ketimbang Anda harus menyiapkan biaya dadakan yang alokasinya justru berasal dari pinjaman seperti kartu kredit atau paylater. 

Dengan begitu, usai berlibur, perasaan Anda menjadi lebih tenang lantaran tidak harus memikirkan cicilan utang.

Widya Yuliarti, perencana keuangan Komunitas Menyala, memberikan empat cara yang bisa dilakukan saat menyusun anggaran untuk liburan.

Pertama, ketahui dahulu kira-kira berapa besar uang yang dibutuhkan untuk berlibur. "Maka penting memiliki bujeting liburan," katanya.

Baca Juga: Belajar Kelola Uang ala Raditya Dika

Kedua, coba melakukan survei tempat liburan yang akan kamu tuju. Survei ini bisa lewat media-media sosial, atau sarana online lainnya atas pengalaman dari orang terdekat.

Ketiga, lihat kembali kemampuan keuangan. Jika hanya mampu menabung atau menginvestasikan Rp 500.000 per bulan.

Tapi, keinginan liburannya satu tahun ke depan dengan jumlah Rp 15 juta. Ini artinya tujuan liburan tidak sesuai dengan kemampuan.

"Sebaiknya tujuan Anda disesuaikan dengan kemampuan keuangan," pesan Widya.

Keempat, tabungan liburan disimpan dalam rekening yang terpisah, supaya uang tidak selalu terpakai. Jika ingin menginvestasikannya, pilih instrumen yang aman dan likuiditasnya tinggi.

"Bisa investasi pada reksadana pasar uang ataupun deposito," ujar Widya.

Jadi, mana pilihan Anda? Tetap memakai paylater atau kartu kredit lalu masih punya tanggungan cicilan atau pilih menabung dulu agar pulang liburan tenang? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru
TERPOPULER