Keluarga

Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Anak yang Tepat

Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Anak yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Kesehatan menjadi  hal yang penting bagi keluarga. Penting pula memberikan perlindungan kesehatan pada anak, yang bisa memberikan proteksi ketika mereka jatuh sakit.

Melihat perbedaan kebutuhan orang dewasa dan anak-anak, Moms perlu selektif dalam memilih asuransi kesehatan anak. Co-Founder dari Lifepal.co.id pun membagikan cara memilih asuransi kesehatan anak. Berikut tipsnya:

1. Manfaat pertanggungan sesuai kebutuhan anak
Benny mengatakan dalam memilih asuransi kesehatan anak perlu dipastikan bahwa manfaat yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan anak seperti imunisasi atau vaksinasi, pemeliharaan kesehatan mata dan gigi, juga jaminan santuanan rawat jalan dan rawat inap.

2. Sistem pembayaran cashless
Benny juga menyarankan agar Anda memilih asuransi kesehatan anak dengan sistem pembayaran yang cashless. "Sehingga Anda tidak perlu dipusingkan dengan sistem penggantian biaya rumah sakit," ujar benny dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Bikin Rumah Tampil Cantik, Yuk Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu!

3. Jaringan dan kualitas rumah sakit
Perlu pula memperhatikan jaringan rumah sakit rekanan pada asuransi kesehatan yang akan dipilih. Menurut Benny, Anda harus memastikan asuransi tersebut memiliki jaringan rumah sakit yang memberi pelayanan khusus untuk anak.

Tak hanya itu, kualitas dan fasilitas di rumah sakit rekanan asuransi pun harus diperhatikan. Benny menyarankan agar Anda memeriksa kembali ketersediaan fasiltias khusus untuk anak di rumah sakit terdekat yang dipilih. "Pasalnya, kebutuhan fasilitas untuk anak berbeda dengan fasilitas kesehatan untuk orang dewasa. Jadi, fasilitas dan layanannya tidak bisa disamakan," katanya.

4. Sesuaikan premi asuransi dengan kemampuan finansial
Benny juga mengatakan dalam memilih asuransi kesehatan anak, Anda perlu memastikan premi yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial. Adapun, bila asuransi tersebut belum bisa memproteksi hingga rawat jalan, utamakan untuk mendapatkan rawat inap lebih dulu.

5. Membedakan asuransi kesehatan dan pendidikan anak

Benny pun mengingatkan agar Anda membedakan asuransi kesehatan dan pendidikan anak. Menurutnya, asuransi pendidikan lebih menitikberatkan pada asuransi jiwa dan investasi, sementara asuransi keseahtan anak merupakan asuransi yang memberikan proteksi pada kesehatan anak.

Dia juga menyarankan agar orang tua tidak perlu mengambil asurnasi dengan keuntungan kesehatan yang berpadu dengan jiwa, karena ini akan mengurangi manfaat yang diterima, tetapi biaya preminya tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News