Santai

Begini Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede alias Beludru

Begini Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede alias Beludru

MOMSMONEY.ID -  Sepatu suede merupakan salah satu model sepatu yang memerlukan perawatan khusus. Sebab bulu suede akan terlihat jelek dan mudah rusak jika Anda salah dalam membersihkannya. 

Melansir The Spruce, cara membersihkan sepatu membutuhkan peralatan khusus. Anda perlu menyiapkan sikat khusus suede, spons atau kain melamin, mangkok dan larutan air hangat dengan detergen. Jika sepatu suede Anda berminyak, Anda perlu menyiapkan soda kue untuk menyerap minyak tersebut.

Baca Juga: Bikin Anak Cemas, Ini 3 Cara Mendisiplinkan Anak yang Salah dan Wajib Dihindari

Cara membersihkan sepatu berbahan suede alias beludru

1. Bersihkan tali sepatu
Lepas tali sepatu dan bersihkan menggunakan larutan pembersih. Rendam tali sepatu di dalam mangkok yang berisi air hangat dan beberapa tetes detergen atau sabun pencuci piring. Biarkan hingga Anda selesai membersihkan sepatu, kemudian sikat dengan sikat berbulu lembut dan bilas.

2. Bersihkan bagian sol luar sepatu suede Anda yang kotor
Jika sepatu suede alias beludru Anda berlumpur atau basah, keringkan terlebih dahulu. Setelah kering Anda bisa menyikatnya dengan sikat berbulu lembut untuk bagian solnya. Kemudian gunakan spons atau kain melamin untuk membersihkan sol luar sepatu. 

3. Bersihkan bagian suede sepatu Anda
Sepatu berbahan suede harus dalam kondisi benar-benar kering dan hanya bisa disikat dengan sikat suede khusus. Jangan sikat bagian suede sepatu Anda dengan sikat gigi atau sikat lainnya. 
Jika pada bagian suede memiliki noda minyak, taburi dengan tepung maizena dan biarkan beberapa jam untuk menyerap minyak tersebut. Setelah itu bersihkan. 

4. Bersihkan bagian dalam sepatu
Buat campuran pembersih lagi untuk bagian dalam sepatu. Gunakan air hangat dan detergen ringan dan celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan. Kemudian lap bagian dalam sepatu. 

5. Keringkan sepatu suede Anda
Setelah membersihkan sepatu suede Anda, biarkan sepatu Anda mengering dengan mengangin-anginkan saja. Jika sudah kering, sikat bagian luar suede dengan sikat suede untuk mengangkat bulunya. 

Baca Juga: Deretan Anime Terbaru di Netflix, Ada Pluto yang Banyak Dapat Pujian

Demikian cara membersihkan sepatu berbahan suede. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News