HOME, Santai

Begini Cara Cek Informasi Hoax Seputar COVID-19

Begini Cara Cek Informasi Hoax Seputar COVID-19

MOMSMONEY.ID - Saat ini mencari informasi di internet dan media sosial adalah hal yang mudah dilakukan oleh semua orang. Dengan kemudahan tersebut, seluruh informasi tentang dunia dapat Anda temukan. Khususnya informasi-informasi yang berkaitan dengan COVID-19 yang saat ini menjadi perhatian utama di dunia.

Namun, sangat penting bagi Anda untuk memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan agar tak terkena informasi hoax. Lalu, bagaimana cara mengeceknya?

Dilansir covid19.go.id, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk cek hoaks. Pertama, Anda bisa kirim pesan Whatsapp ke Chatbot Mafindo ke nomor 085921600500. Kedua, Anda bisa cek di situs https://turnbackhoax.id/ dan https://cekfakta.com.

Baca Juga: Cara Menjaga Protokol Kesehatan di Dalam Rumah

Ketiga, Anda bisa melihat laporan hoaks dari Kementerian Kominfo di https://komin.fo/inihoaks dan https://covid19.go.id/p/hoax-buster/ . Cara terakhir, Anda dapat mengecek dan membuktikan informasi hoaks yang berkaitan dengan COVID-19 di https://s.id/infovaksin/ .

Selain mengecek melalui situs yang tertera, ada baiknya Anda membaca informasi dari situs-situs kementerian yang sudah pasti terpercaya dan resmi. Jangan pernah termakan informasi dengan judul sensasional yang provokatif, misalnya langsung menudingkan tuduhan ke pihak tertentu. Apalagi informasi tersebut Anda dapatkan dari sumber yang tidak jelas.

Baca Juga: Inilah Durasi Jam Tidur yang Baik Sesuai Kelompok Usia

Jika informasi yang Anda dapatkan berupa gambar, Anda bisa mengecek keaslian gambar tersebut menggunakan mesin pencari Google. Caranya, drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Google kemudian akan menyajikan gambar-gambar serupa yang terdapat di internet sehingga Anda dapat membandingkannya.

Jika kemudian informasi yang Anda temukan berisi hoax atau fitnah, Anda dapat melaporkannya. Dilansir dari kominfo.go.id, bagi pengguna internet, Anda dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Selanjutnya: Cara Cegah Panic Buying di Masa Pandemi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News