AturUang

Begini Cara Atur Keuangan Rumah Tangga Saat Gaji Pas-pasan Rp 3 Juta

Begini Cara Atur Keuangan Rumah Tangga Saat Gaji Pas-pasan Rp 3 Juta

MOMSMONEY.ID - Cara atur keuangan rumah tangga yang baik saat gaji pas-pasan memang perlu strategi khusus. Mengelola keuangan saat gaji pas-pasan memang tak mudah. 

Melansir Danamon, ada cara yang baik untuk atur keuangan rumah tangga saat gaji pas-pasan hanya Rp 3 juta. Ini penting untuk Anda ketahui supaya keuangan rumah tangga tetap sehat dan tak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Baca Juga: Cara Nabung Bagi Pemula Ala Bank Jago, Yuk Mulai Nabung!

Penasaran? Yuk langsung intip cara atur keuangan rumah tangga saat gaji pas-pasan hanya Rp 3 juta ala Danamon. 

1. Cara atur keuangan paling dasar adalah catat segala pengeluaran

Anda perlu rutin dan konsisten menerapkan cara atur keuangan rumah tangga yang satu ini. Meskipun terlihat mudah, ternyata konsisten mencatat belanja sangat sulit lo! Padahal manfaatnya besar. 
Dengan mencatat pengeluaran Anda jadi tahu pengeluaran apa yang paling besar, paling penting dan paling bisa ditekan. 

2. Buat anggaran bulanan

Cara atur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah meyusun anggaran dan menerapkannya. Danamon memberikan rumus 65% untuk kebutuhan pokok atau setara Rp 1.950.000. Sisanya 10% untuk tabungan dan investasi atau setara Rp 300.000, dana darurat 10%, rekreasi keluarga 10% dan sedekah 5% atau setara Rp 150.000.

3. Biasakan hidup lebih hemat

Cara atur keuangan rumah tangga dengan gaji Rp 3 juta adalah membiasakan hidup lebih hemat. Gunakan anggaran di atas sebagai acuan. Jika pengeluaran pokok mulai melebihi anggaran, kurangi hal-hal yang tidak penting dan hanya berdasarkan keinginan bukan kebutuhan. Anda bisa mulai dengan tidak makan di luar, lebih baik memasak sendiri. Serta memilih minum air putih atau memanfaatkan fasilitas kantor ketimbang jajan minuman kekinian. 

4. Cari penghasilan tambahan

Anda juga bisa mencari penghasilan tambahan. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda bisa dengan mudah membuka toko online atau menjadi affiliate market place. 

5. Sisihkan untuk menabung dan investasi

Meski gaji kecil, cara atur keuangan rumah tangga yang tak boleh Anda lupakan adalah menabung. Lakukan ini saat Anda menerima gaji dan hindari kebiasaan menabung di akhir bulan. Menabung sangat berguna bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. 

Baca Juga: Tips Atur Keuangan Kala Harga Pangan Melonjak

6. Lakukan evaluasi keuangan

Cara atur keuangan rumah tangga terakhir adalah Anda perlu melakukan evaluasi keuangan secara rutin dan berkala baik mingguan atau bulanan. Lakukan perbandingan total utang, pendapatan dan pengeluaran. Dari evaluasi, Anda jadi tahu kondisi finansial sehat atau tidak. 

Nah itu tadi cara atur keuangan rumah tangga saat gaji pas-pasan hanya Rp 3 juta ala Danamon. Lakukan secara perlahan dan pasti, dan rasakan manfaatnya di masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News