HOME, Bugar

Begini Cara Ampuh Mengecilkan Perut yang bisa Anda lakukan di Rumah

Begini Cara Ampuh Mengecilkan Perut yang bisa Anda lakukan di Rumah

MOMSMONEY.ID - Sebagian pria maupun wanita yang memiliki perut buncit mungkin kurang percaya diri akan penampilan mereka.

Kondisi ini juga bisa berisiko bagi kesehatan Anda. Berolahraga kardio dan senam jadi cara yang efektif untuk membantu mengecilkan perut. 

Meskipun menghilangkan lemak di perut bisa jadi sulit, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut.

Baca Juga: Ternyata Coklat Hitam Bagus untuk Diet, Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

Dilansir dari Women Health, berikut ini beberapa cara ampuh mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain: 

1. Jalan kaki setiap hari

Cara ampuh mengecilkan perut yang pertama adalah jalan kaki setiap hari. Jika Anda tidak memiliki rutinitas olahraga yang baik, berjalan kaki bisa jadi solusi.

The Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry pada 2014 menemukan bahwa wanita yang melakukan program jalan kaki selama 50-70 menit, 3 hari per minggu selama 12 minggu, secara signifikan memangkas lemak perut mereka.

2. Lompat tali

Cara ampuh mengecilkan perut yang kedua adalah ompat tali. Jika Anda malas pergi ke luar rumah, olahraga lompat tali atau jumping rope bisa Anda lakukan di dalam ruangan.

Olahraga yang sering disebut skipping ini selain efektif menurunkan berat badan agar perut kecil, juga bisa meningkatkan kebugaran organ jantung dan paru-paru.

JIka Anda tidak kuat untuk lompat terus-terusan, lakukan secepat mungkin selama satu menit, istirahat 20-30 detik, dan ulangi hingga target waktu tercapai.

3. Perbaiki kualitas tidur

Cara ampuh mengecilkan perut yang ketiga adalah memperbaiki kualitas tidur. Tidur sangat penting dalam hal keberhasilan penurunan berat badan.

Jika Anda kurang tidur, akan ada lebih banyak waktu untuk ngemil dan membuat keputusan yang tidak sehat yang dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Baca Juga: Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

4. Perbanyak asupan protein

Cara ampuh mengecilkan perut yang selanjutnya adalah memperbanyak asupan protein. 

Protein tidak hanya membantu Anda tetap kenyang, tetapi juga bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan otot saat melakukan latihan kekuatan.

Protein membantu otot tumbuh lebih besar dan lebih kuat, mendorong keluar lemak tubuh dalam prosesnya. 

5. Makan lebih banyak serat

Cara ampuh mengecilkan perut yang kelima adalah konsumsi makanan yang mengandung serat. Makan lebih banyak makanan berserat dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

Misalnya roti gandum, oatmeal, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut yang dapat dilakukan di rumah. Meski sepertinya mudah, perlu niat yang kuat dan kedisiplinan untuk membuat cara-cara tersebut berhasil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News